Bawaslu Makin Gencar Tertibkan APK yang Langgar Pemasangan

PASURUAN – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasuruan, makin gencar menertibkan alat peraga kampanye (APK). Rabu (6/3), mereka kembali menertibkan puluhan APK melanggar aturan pemasangan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan M. Nasrup mengatakan, kembali dilakukan penertiban APK serentak se Kabupaten Pasuruan. Bawaslu melakukan penertiban bersama Panwascam, Pengawas Desa, Satpol PP, Dishub, dan Polres Pasuruan. “Secara jumlah jauh menurun dibanding sebelumnya. Tapi, masih ada APK baru yang terpasang dan melanggar aturan,” ujarnya.

Nasrup mengatakan, penertiban ini berlangsung sejak Oktober 2018. Penertiban serentak merupakan kali ke enam. “Saat ini temuan yang kecil-kecil APK yang pemasangannya masih pada pohon atau dipasang di tiang listik,” ujarnya.

Dibandingkan pada Oktober lalu, jumlah APK yang diamankan jauh berkurang. Sebelumnya bisa mencapai 1.000 APK, namun kali ini hanya puluhan APK yang melanggar. “Saat ini terpantau hanya puluhan, tidak sampai seratus. Namun masih kami hitung karena serentak di 24 kecamatan,” ujarnya. (eka/fun)