Disesuaikan Komponen, Bantuan PKH yang Diterima Bakal Berbeda

TERIMA KARTU: Sejumlah KPM menunggu giliran untuk mendapatkan kartu PKH tambahan di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, pada akhir 2018. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Dua tahun para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) mendapatkan bantuan yang nilainya sama. Mulai tahun ini besaran bantuan yang akan mereka terima mengikuti jumlah komponen kebutuhan penerima. Sehingga, besar bantuan setiap KPM akan berbeda.

Koordinator PKH Kabupaten Pasuruan Hadi Prayitno mengatakan, perubahan kebijakan ini atas evaluasi dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Mulai tahun ini besaran dana yang dicairkan ke KPM akan berbeda, mengikuti komponen yang dimiliki KPM.

Tahun kemarin, semua KPM mendapatkan bantuan yang sama. Baik di keluarga itu terdapat ibu hamil, balita, anak bersekolah, keluarga lanjut usia, disabilitas atau pun tidak. Setiap KPM mendapatkan Rp 1,89 juta per tahun. “Tahun kemarin yang hanya mempunyai satu komponen atau lebih, besarnya sama semua. Rp 1,89 juta ini dibagi pencairannya menjadi 4 tahap,” ujarnya.

Namun, tahun ini ada kriteria untuk komponen penerima. Hadi mengatakan, semua KPM di Kabupaten Pasuruan mendapat bantuan tetap berupa PKH reguler Rp 550 ribu. Bantuan ini dicairkan pada tahap pertama.

Sedangkan untuk bantuan komponen ibu hamil Rp 2,4 juta dan anak berusia 0-6 tahun Rp 2,4 juta. Anak bersekolah SD Rp 900 ribu; sekolah SMP Rp 1,5 juta; dan bisa bersekolah SMA Rp 2 juta. Disabilitas berat dijatah Rp 2,4 juta dan warga lanjut usia di atas 60 tahun akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

Dari komponen itu dibagi menjadi empat dan dalam setahun dicairkan dalam empat tahap. “Jadi, selain bantuan tetap Rp 550 ribu, ada tambahan berdasarkan komponen. Tapi, maksimal empat komponen,” jelas Hadi.

Sejauh ini, di Kabupaten Pasuruan terdapat sekitar 96.432 KPM. Jumlah ini meningkat dibanding tahun kemarin yang hanya 87.721 KPM. Hadi mengatakan, adanya bantuan PKH yang mengikuti kebutuhan komponen ini, diharapkan lebih membantu dan tepat sasaran. (eka/fun)