KPU Kota Probolinggo Tambah Petugas Pelipat Surat Suara

MAYANGAN – KPU Kota Probolinggo menambah jumlah petugas untuk melipat surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 17 April nanti. Jika sebelumnya hanya ada 8 petugas, saat ini ada 15 orang.

“Ada penambahan petugas untuk melipat surat suara. Dari yang sebelumnya 8 jadi 15 orang,” ujar Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo.

Dengan penambahan petugas, dipastikan proses melipat suara akan lebih cepat. Apalagi, saat ini lima jenis surat suara sudah diterima KPU Kota Probolinggo. Yaitu, surat suara Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Jawa Timur dan DPRD Kota Probolinggo

“Surat suara DPRD Kota Probolinggo sudah kami terima beberapa hari lalu. Tapi masih belum proses lipat surat suara,” ujarnya.

Surat suara yang sudah selesai dilipat baru DPR RI dan DPRD Jatim. Selain bertugas melipat surat suara, petugas ini juga bertugas menyortir surat suara.

Surat suara yang rusak harus dipisahkan dari surat suara yang kondisinya baik. Misalnya, karena robek atau warnanya luntur.

“Surat suara yang rusak ini akan kami buatkan berita acara. Dari berita acara itu kami akan mengajukan penambahan surat suara,” jelasnya. (put/hn)