Libur Nyepi, Antrean di Tol Gempan Mengular, Banyak Mobil Mogok

PANDAAN–Peningkatan volume kendaraan yang melintas di ruas tol Gempol-Pandaan terjadi di Libur Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, Kamis (7/3). Antrean kendaraan yang mengular, membuat sejumlah mobil alami mogok.

Dari pantauan radarbromo.co.id, antrean kendaraan terpantau lebih dari 1,5 kilometer. Kemacetan di ruas jalan bebas hambatan itu terjadi mulai pagi hingga siang hari dari arah Surabaya ke Malang jelang gerbang tol Pandaan, di Desa Karangjati, Pandaan.

Saking panjangnya antrean kendaraan, beberapa mobil yang melintas didapati mengalami trouble pada mesin atau mogok. Walhasil, mereka terpaksa harus menepikan kendaraannya.

“Antrean kendaraan mengular terpantau dari Km 54+800 sampai dengan 56+100 atau jelang keluar gerbang tol Pandaan. Panjang kemacetan sekitar 1,5 kilometer,” jelas Sumantri, manager Lalin dan Pengamanan aset PT. Jasamarga Pandaan Tol.

Kepadatan kendaraan di ruas jalan tol gempan, ia katakan terjadi mulai pukul 08.00 pagi. Puncaknya terjadi pukul 10.00 pagi. Jelang siang hari, volume kendaraan mulai berangsur normal.

Kendaraan yang melintas sendiri, terpantau didominasi kendaraan golongan satu. Seperti mobil, minibus dan bus. “(Saat libur Nyepi) Kendaraan yang melintas di tol ini tercatat sekitar 15-16 ribuan. Jauh lebih banyak dari hari biasanya hanya kisaran 12 ribuan saja,” ungkap Sumantri.

Untuk memecah kepadatan arus lalin, pihak pengelola tol pun mengerahkan petugas patroli jalan tol yang di-standby-kan di lapangan. Termasuk kendaraan derek dan ambulans. (zal/mie)