Rest Area Permanen di Tol Gempas Tunggu Desain Dulu sebelum Dibangun

SEMENTARA: Rest Area Tol Gempas di Desa Sungikulon, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, masih bersifat sementara. Sejauh ini bangunan permanennya belum jelas kapan akan digarap. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL – Ruas jalan tol Gempol-Pasuruan (Gempas), sudah lama dioperasionalkan. Namun, sejauh ini belum dilengkapi pembangunan rest area permanen. Adanya hanya rest area sementara.

Rest area sementara itu berada di jalur A dan B, di Kilometer 792 di Desa Sungikulon, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. “Rest area-nya sejauh ini tetap ada, tapi masih sementara dan belum permanen,” ujar Pimpinan Proyek PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP), Mulyono.

Namun, Mulyono mengaku tidak bisa menjelaskan penyebab belum terealisasinya pembangunan rest area permanen di ruas jalan Tol Gempas. Alasannya, pembangunannya di luar tanggung jawab PT-nya. “Setahu kami masih menunggu proses Detail Engineering Design (DED)-nya tuntas. Sekarang sedang dikerjakan. Untuk yang lainnya persisnya seperti apa, saya kurang tahu,” ujarnya.

Menurutnya, proses pembangunan rest area permanen cukup panjang dan tidak mudah. Sebab, itemnya cukup banyak. Di sana harus ada SPBU, pusat kuliner, minimarket, tempat istirahat, musala, dan toilet. Baik di jalur A maupun jalur B.

Karena rest area permanen belum dibangun, Mulyono mengatakan, kini memaksimalkan rest area sementara. Namun, rest area ini juga sudah dilengkapi dengan tempat istirahat, minimarket, musala, dan toilet. “Dimaksimalkan yang ada dulu, kecuali untuk BBM (bahan bakar mintak) bisa beli di luar sambal menunggu rest area permanennya,” ujarnya. (zal/fun)