Siapa Berminat? KPU Kab Pasuruan Butuh 30.653 Tenaga KPPS

BANGIL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan membutuhkan 30.653 tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Puluhan ribu KPPS itu disiapkan untuk mengisi 4.379 TPS se Kabupaten Pasuruan.

Komisioner Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Pasuruan Indra Wahyu Djatmiko mengatakan, pendaftaran KPPS mulai dibuka pada 6-12 Maret 2019. Setiap TPS akan ditempati tujuh orang. “Pendaftaran mulai kami buka hari ini (Rabu, 6/3,). Pendaftarannya diberlakukan selama sepekan,” ujarnya.

Pendaftaran itu dilakukan di masing-masing TPS. Ada beberapa persyaratan dalam pendaftaran. Selain usia 17 tahun ke atas, juga ijazah minimalnya SMA dan beberapa persyaratan lainnya. “Pendaftaran ini dibatasi bagi yang sudah pernah menjadi KPPS. Jadi yang sudah dua kali periode tidak diperkenankan mendaftar,” ujarnya.

Ia menguraikan, KPPS merupakan bagian penting karena menjadi ujung tombak dalam Pemilu. Pemerintah juga menyiapkan anggaran tidak sedikit untuk KPPS. Sekitar Rp 15,5 miliar. Dana ini khusus honor KPPS.

Indra mengatakan, anggota KPPS akan mendapatkan Rp 500.000 per orang. Sedangkan, ketua KPPS disiapkan Rp 550.000. “Setiap TPS ada 7 petugas KPPS. Di mana satu di antaranya adalah ketua. Dan enam lainnya anggota,” ujarnya. (one/fun)