Tiap Tahun Diperbaiki, Jalan Provinsi di Kejayan Rusak Lagi

KEJAYAN – Perbaikan jalan provinsi yang rutin dilakukan tampaknya tak bertahan lama. Pasalnya, beberapa titik di ruas jalan tersebut saat ini mulai mengalami kerusakan. Salah satunya jalan di atas jembatan Tumpang, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.

Kerusakan itu terjadi di lajur arah Malang. Selain kondisi jalan yang bergelombang, lapisan aspal juga tampak hancur. Dari tahun ke tahun, kerusakan jalan di kawasan tersebut berada di titik yang sama. Sejak sekitar sebulan terakhir, terdapat tiga tong drum yang dipasang di titik jalan yang rusak itu.

Abdulloh, 47, salah seorang warga meminta agat pemerintah segera melakukan perbaikan jalan. Di samping itu, dirinya juga berharap agar perbaikan jalan nantinya bisa lebih maksimal. “Selama ini ya seperti ini. Ada perbaikan, tapi tidak lama sudah rusak lagi. Sekiranya perbaikan itu bisa tahan lama,” jelasnya.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan, kata Abdulloh, adanya tong yang dipasang di kawasan itu. Menurutnya, hal itu justru akan membahayakan pengguna jalan. “Apalagi saat malam hari kan minim penerangan. Dikhawatirkan nanti ketabrak tong,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Poslantas Kejayan Aiptu Abdul Rokhim mengaku telah mengetahui kondisi jalan yang rusak itu. Pihaknya juga telah menyampaikannya ke pihak pemprov. “Sudah disurvei dan kami sampaikan agar bisa diperbaiki secepatnya,” ungkapnya.

Ruas jalan yang rusak itu merupakan jalan provinsi. Yakni ruas jalan Kejayan-Purwosari. Pemprov Jatim sendiri telah berencana melakukan perbaikan jalan yang rusak.

Hal itu diutarakan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Dinas PU Bina Marga Jawa Timur Remin Irianto. “Kami sudah menyiapkan anggaran Rp 600 juta. Itu yang akan digunakan untuk membiayai pemeliharaan kondisi jalan di wilayah kerja kami. Sementara ini masih kami inventarisasi kerusakannya di ruas mana saja,” ucapnya.

Selain ruas jalan Kejayan-Purwosari, terdapat lima ruas jalan provinsi yang berada di wilayah Kota/Kabupaten Pasuruan yang rusak. Di Kota Pasuruan berjumlah satu ruas jalan di Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo. Sedangkan empat ruas jalan lainnya yakni ruas jalan Pandaan-Tretes, Pasuruan-Kejayan, Kejayan-Tosari, dan Purwodadi-Nongkojajar. (tom/rf)