Uji Coba Parkir Pasar Baru Diperpanjang, Pemkot Kaji Dampak Ekonomi

MAYANGAN – Pemkot Probolinggo butuh waktu lebih untuk mengkaji dampak ekonomi dari uji coba parkir di Pasar Baru. Karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat memperpanjang masa uji coba parkir.

Perpanjangan uji coba parkir itu akan dilakukan sampai dua pekan mendatang. Seharusnya, uji coba parkir ini berakhir pada Senin (4/3). Namun, diperpanjang selama dua pekan.

Kepala Dishub Kota Probolinggo Sumadi menjelaskan, perpanjangan itu dilakukan karena pemkot masih melakukan kajian dan evaluasi. Mengingat pada masa uji coba dua pekan pertama, ada beberapa toko yang keberatan.

Pertimbangan lain, pemkot sedang mengkaji dampak ekonomi yang ditimbulkan dari uji coba parkir itu. “Kami konsultasikan ke Wali Kota tentang uji coba parkir ini. Dan ternyata pemkot masih melakukan kajian atas dampak ekonomi yang dibutuhkan. Jadi, uji coba parkir ini diperpanjang,” lanjutnya.

Kendati demikian menurut Sumadi, dimungkinan uji coba itu akan diberlakukan secara definitif. Sebab, dampak yang ditimbulkan selama uji coba cukup baik. Di antaranya, mengurangi kemacetan.

Dalam masa uji coba menurutnya, pihaknya juga akan menyiapkan rambu-rambu larangan. Termasuk larangan bongkar muat di pasar baru.

“Jadi saat ini kami juga sedang menyiapkan rambu-rambu. Termasuk rambu larangan untuk mengatur bongkar muat,” bebernya. (rpd/hn)