Wujudkan Zona Integritas Bebas Korupsi, Polres Pasuruan Kota Luncurkan Pelayanan Online

PURWOREJO – Polres Pasuruan Kota terus berupaya meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Serta, mewujudkan zona integritas bebas korupsi. Salah satunya dengan menyiapkan pelayanan secara online.

Selasa (5/3) malam, Polres Pasuruan Kota meluncurkan program layanan online ini. Warga hanya perlu mengakses layanan ini dengan mengunduh aplikasi Paskot Polres Pasuruan Kota. Pelayanan dalam pengurusan surat maupun permohonan bantuan pun dijamin lebih mudah.

Kasubbag Humas Polresta Pasuruan Endy Purwanto mengatakan, layanan ini bertujuan memudahkan warga. Mereka hanya perlu memilih layanan yang dikehendaki. Di antaranya, pengurusan surat izin mengemudi (SIM) dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Lalu, surat kehilangan, surat izin keramaian, serta permohonan bantuan saat terjadi tindak kejahatan melalui save our soul (SOS).

Melalui layanan yang berjalan sejak sepekan terakhir ini, mayarakat bisa mendaftar untuk mendapatkan pelayanan yang dikehendaki. “Tujuannya untuk memudahkan. Jadi, masyarakat tidak perlu antre lagi untuk pendaftarannya. Mereka cuma perlu ke Polres Pasuruan Kota untuk mengambil dan tanda tangan,” ujarnya.

Endy mengatakan, program ini juga bertujuan mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi. Karenanya, beberapa waktu lalu pihaknya memperbaiki sejumlah ruangan pelayanan public di Mapolres. Di antaranya, ruang sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) dan ruang pelayanan SKCK.

Pihaknya juga membangun kamar mandi serta ruang ramah anak dan ruang menyusui. Alasannya, lokasi kamar mandi bagi masyarakat sebelumnya terlalu jauh dan berada di sisi utara ruang tahanan. Sedangkan, ruang anak dan menyusui berlokasi di ruang humas lama. Ruang humas dipindah ke sisi selatan bagian operasional.

“Ruang anak ini akan dilengkapi dengan permainan. Ada sekat yang akan memisahkan ruang anak dan ruang menyusui. Termasuk ketersediaan jalur khusus bagi difabel,” ujar Endy. (riz/fun)