BPBD Imbau Masyarakat Waspada Hujan-Angin yang Masih Mengancam

PROBOLINGGO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo mengimbau agar warga mewaspada hujan angin. Bencana ini diprediksi masih berpotensi terjadi kurun waktu beberapa hari ke depan. Bahkan hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan mengguyur sampai Sabtu (9/3) mendatang.

Kondisi seperti itu terjadi di seluruh Jawa Timur. Untuk Kota Probolinggo meskipun dari prakiraan cuaca intensitas sedang dan ringan. Selain itu yang juga perlu diwaspadai yakni banjir kiriman dari wilayah selatan Kabupaten Probolinggo. Mengingat wilayah disana saat ini intensitas guyuran hujan masih tinggi.

Begitu pula dengan angin kencang yang sempat terjadi di Probolinggo Rabu (5.3) lalu. Angin kencang merusak atap rumah warga di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan. Adapun rumah rusak akibat angin kencang di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, diantaranya dialami Basar, warga RT 4/RW 1. Angin membuat genting rumahnya banyak yang jatuh. Selain Basar, ada juga Sugi, yang masih satu kelurahan. Angin kencang membuat genting dan plafon rumah Sugi, ada yang jebol.

“Untuk kerugian rumah pak Basar Rp 500 ribu, sedangkan pak Sugi Rp 1 juta,” terang Adi, anggota Tagana Kota Probolinggo.

Sementara itu, hujan disertai angin kencang juga kembali menimbulkan genangan di sekitar alun-alun dan juga Kampung Dok. “Di kampung dok, Mayangan kurang lebih sebanyak 250 rumah ( 250 KK,500 jiwa lebih ) tergenang air imbas dari sungai yang meluap karena hujan deras. Bahkan ada beberapa rumah warga di Jalan Ikan Paus tergenang air setinggi kurang lebih 40-60 sentimeter,” pungkasnya. (rpd/fun)