Duh, Deretan Baliho Caleg Ini Dipasang di Makam Purut II

PURWOREJO – Belasan alat peraga kampanye (APK) milik calon legislatif (caleg) bertebaran di sekitar tempat pemakaman umum (TPU) Purut II, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Keberadaannya menjadi perhatian banyak pihak, karena terpasang di tempat terlarang.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, belasan APK caleg dari berbagai partai politik terpampang di sekitar TPU Purut II. Belasan APK itu banyak ditemukan di sepanjang pagar TPU. Banyak APK berukuran kecil yang dipasang dengan dipaku di pohon di tepi area pemakaman. Sebagian lagi terpasang di luar area pemakaman. Seperti disandarkan di pagar pemakaman.

Ada juga yang dipasang di atas pagar pemakaman. Keberadaannya pun masuk ke area pemakaman dan menghadap ke jalan. Dalam pasal 34 ayat (2) PKPU Nomor 23/2018 tentang Kampanye Pemilu disebutkan zona terlarang pemasangan APK.

Di antaranya, di tempat ibadah, gedung rumah sakit, gedung pemerintah, dan lembaga pendidikan. Sedangkan, TPU Purut II merupakan fasilitas umum yang menjadi aset pemerintah. “Kami akan segera menindaklanjuti. Tetap dilarang kalau di dalam area TPU. Karena, termasuk fasilitas umum,” ujar Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Moh. Anas, Kamis (7/3).

Menurutnya, setiap peserta pemilu wajib memperhatikan aturan PKPU tentang Kampanye Pemilu. Termasuk terkait pemasangan APK yang harus mempertimbangkan pasal 34 ayat (5) PKPU tentang Kampanye Pemilu. “Kami akan memberikan peringatan kepada parpol (partai politik) yang caleg-nya memasang APK di area TPU. Agar segera dipindahkan. Kami juga selalu menyampaikan agar mempertimbangkan nilai estetikanya,” ujarnya. (tom/rud)