Kawal Pengiriman Logistik Pemilu, KPU Sudah Siapkan Mekanisme Ini

PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo akan bekerjasama dengan Kantor Pos setempat untuk pengiriman logistik saat pelaksanaan pemilu. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pengiriman logistik akan dilakukan dengan kendaraan tertutup.

Hal ini diungkapkan Djoko Wahyudi, Komisioner KPU Kota Probolinggo beberapa waktu lalu. “Kami kerjasama dengan Kantor Pos untuk pengiriman logistik. Tentu dengan pengiriman mobil tertutup sehingga aman dari hujan,” ujarnya.

Proses pengiriman logistik dimulai dari gudang KPU, langsung menuju kantor Kelurahan. Sedangkan setelah pemungutan suara, logistik dari TPS akan langsung dibawa ke kantor Kecamatan.

“Seperti halnya saat Pilkada, logistik TPS akan langsung dibawa ke Kantor Kecamatan setelah proses pemungutan berlangsung,” jelasnya.

Djoko menambahkan, di masing-masing Kecamatan juga ada 11 kotak suara yang disiapkan untuk proses penghitungan di kantor Kecamatan.

Dalam proses pengiriman logistik TPS, juga ada pengamanan dari petugas Linmas. Tidak hanya di TPS namun juga di kantor Kelurahan maupun Kecamatan.

Adanya pengamanan dari petugas ini dibenarkan Agus Efendi, Kepala Satpol PP Kota Probolinggo. “Petugas Linmas di masing-masing TPS ada 2 orang. Ikut mengawal juga proses pengiriman logistik sampai TPS,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Selain itu juga ada yang ikut menjaga logistik Pemilu di kelurahan dan kecamatan. Di kelurahan ada 2 personel linmas serta 4 personel linmas di Kecamatan. (put/fun)