Kunjungan Tempat Wisata Kabupaten Probolinggo Landai Meski Libur

KRAKSAAN – Libur nyepi tahun ini ternyata tidak seramai tahun lalu. Jika tahun lalu, tempat wisata di Kabupaten Probolinggo diserbu pengunjung, kali ini malah seperti hari biasa. Paling banyak, kunjungan wisata pada libur nyepi kali ini hanya sekitar 500 pengunjung.

MENINGKAT: Terjadi peningkatan pengunjung di wisata Kabupaten Probolinggo saat hari libur Nyepi. (Istimewa)

Angka kunjungan wisatawan itu diperoleh Jawa Pos Radar Bromo dari Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) kabupaten setempat. Dari beberapa destinasi wisata yang ada, paling banyak Pantai Duta. Di lokasi ini pengunjung mencapai sekitar 570 pengunjung. Itu tercacat mulai pagi hingga sore pukul 16.00.

Beralih ke lokasi pantai Bentar yang biasanya ramai saat liburan. Pada libur Nyepi kemarin, pantai ini hanya dikunjungi sekitar 394 pengunjung. Itupun dibagi antara 312 pengunjung dewasa dan 82 pengunjung anak anak.

Begitu pula di lokasi wisata air terjun Madakaripura. Kondisinya tidak jauh berbeda. Di destinasi ini pengunjung hanya sekitar 111 saja. Sementara Bromo pada liburan ini tidak ada pengunjung sama sekali. Hal itu, karena pada hari raya nyepi dilakukan penutupan untuk menghormati warga Hindu Tengger yang merayakan hari raya nyepi.

Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud setempat mengatakan, angka kunjungan tersebut sudah lumayan. Menurutnya, kunjungan kemarin itu masuk dalam kategori sedang. Sebab, meskipun faktor cuaca yang tidak mendukung tetapi masih ada saja wisatawan yang kedestinasi wisata didaerahnya.

“Tidak sepi lah. Itu termasuk sedang. Kalau sepi ya dibawah seratus. Ini masih diatas seratus masih sedang,” ungkapnya.

Menurutnya, faktor cuaca menjadi penting dalam menjalankan perputaran roda wisata. Itu, tak lain mempengaruhi wisatawan yang hendak kedestinasi wisata. Pasalnya, jika hari tidak cerah, maka mereka akan mengurungkan niatnya untuk berwisata.

“Kalau cerah pasti banyak. Kemarin itu kan di Pantai duta, Bentar, dan juga di Madakaripura hujan. Jadi ya sedikit. Kalau cerah yakin pasti banyak lah,” ungkapnya. (sid/fun)