Mau Cukur Gratis, Cukup Setor Hafalan Alquran di Tempat Ini

Usaha jasa pangkas rambut semakin menjamur di Kota Pasuruan. Salah satunya adalah Tahu Petis (THPTS) Mini Barber. Berbeda dengan jasa pangkas rambut pada umumnya, THPTS Mini Barber melayani jasa pangkas gratis. Syaratnya, harus setor hafalan surah Alquran.

FAHRIZAL FIRMANI, Purworejo

Aktivitas di THPTS Mini Barber, Kamis (7/3) sibuk seperti biasanya. Tampak seorang barber tengah memberikan servis pada pelanggan di sebuah ruangan mini berukuran 4×6 meter itu. Dengan pisau cukur di tangan, barber tersebut siap menjalankan tugasnya memotong dan merapikan rambut pelanggan.

Dengan sedikit aba-aba, sang pelanggan mengarahkan barber di belakangnya untuk mencukur rambutnya yang sudah panjang. Seolah mengerti yang dimaksud, sang barber pun mengangguk dan mulai mencukur rambut itu dengan penuh kehati-hatian.

THPTS Mini Barber yang berada di Jalan Sultan Agung III (Belakang Warung Ijo), Kelurhaan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, ini cukup dikenal di kalangan pelanggan. Barbershop ini melayani jasa pangkas rambut bagi pria setiap Selasa-Minggu.

Sepintas memang tidak ada yang berbeda dengan tempat pangkas rambut lainnya. Namun, pangkas rambut ini menyediakan layanan jasa cukur gratis setiap hari Jumat. Mereka yang ingin mendapatkan layanan ini cukup membayar dengan hafalan surah Alquran.

Pemilik THPTS Mini Barber, Muhammad Akbar Habibulloh mengungkapkan, jasa pangkas rambut miliknya ini buka sejak 6 Januari lalu. Sejak THPTS Mini Barber ini dibuka, dirinya menyediakan layanan cukur gratis bagi siapapun yang datang.

Persyaratannya cukup dengan hafalan surah dalam Alquran. Ada dua hafalan yang bisa dipilih. Yakni hafalan Al- Mu’awwidazatain (surah Al Falaq dan An Nas) serta Surah Al Ikhlas. Atau, pelanggan bisa menyetor hafalan 15 ayat pertama dalam surah Al-Kahfi.

“Dahulunya saya melayani jasa cukur rambut di rumah pada 2018 lalu. Namun, sejak awal 2019 ini, saya membuka THPTS Mini Barber. Sejak itu pula, salon saya juga menyediakan jasa layanan cukur gratis setiap hari Jumat,” ungkapnya.

Akbar -sapaan akrabnya- menjelaskan, THPTS melayani jasa cukur rambut bagi pria dari usia berapapun. Namun, selama ini, mayoritas pengunjungnya rata-rata masih berusia muda antara 15-18 tahun. Untuk sekali cukur rambut, pihaknya membanderol hanya Rp 15 ribu.

Pria kelahiran Mei 1994 lalu ini menerangkan, ide layanan cukur gratis setiap Jumat ini berawal dari keinginannya agar masyarakat Kota Pasuruan rajin menghafal Alquran. Agar tidak terlalu menyulitkan, dirinya memilih surah yang paling sering dihafal.

Terkait pemilihan hari Jumat ini tidak terlepas dari keagungan hari Jumat dibandingkan hari lainnya dalam sepekan. Sementara untuk pemilihan surah yang dipilih, tidak terlepas dari keagungan dan manfaat bagi siapapun yang menghafalnya.

Ia lantas merinci surah Al Falaq dan Surah An Nas sebagai perlindungan dari kejahatan jin dan manusia. Sementara surah Al Ikhlas memilik makna tentang keesaan Allah sebagai pencipta. Sedangkan 10 ayah surat Al Kahfi bisa menghindarkan fitnah Dajjal bagi siapapun yang membacanya.

“Sebenarnya semua hari itu baik. Tidak ada hari buruk atau sial dalam Islam. Cuma kan ada sabda dari Rasulullah yang menyebutkan tentang keagungan hari Jumat mulai terbit fajar sampai terbenam matahari,” jelas bungsu dari dua bersaudara ini.

Pria asal Desa Sambirejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan ini menerangkan, tidak sedikit pelanggan yang datang memilih layanan cukur gratis dengan hafalan ini. Tidak jarang, dirinya pun kerap mendapatkan pengalaman lucu.

Beberapa waktu lalu, ada salah seorang pelanggan berusia sekitar 15 tahun datang ingin cukur dengan layanan hafalan ini. Ia memilih hafalan Al- Mu’awwidazatain (surah Al Falaq dan An Nas) serta Surah Al Ikhlas. Namun, ternyata dia tidak berhasil.

“Saya sudah beri kesempatan sampai bisa. Ternyata anak ini memilih berhenti di percobaan yang ketiga dan meminta untuk ditunda pekan berikutnya. Ini menunjukkan walau surahnya pendek dan gampang dihafal, kalau tidak sering dibaca ya, bisa lupa,” sebutnya.

Lulusan IKIP Budi Utomo Kota Malang ini mengaku ke depannya dirinya berencana menambah pilihan surah yang bisa dihafal sebagai persyaratan jasa cukur rambut gratis. Ia berharap mereka yang datang itu menghafal bukan hanya sekedar untuk mendapatkan layanan gratis.

“Motivasi saya ya agar semakin banyak yang cinta Alquran. Untuk urusan rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Kita sebagai makhluknya hanya perlu berusaha saja. Asalkan berusaha, pasti ada jalan,” jelas pria yang kesehariannya berprofesi sebagai guru olahraga di SD Muhammadiyah ini. (rf)