Pemkot Probolinggo Target Tahun Ini Punya Petugas Tera

PROBOLINGGO – Dinas Koperasi Usaha Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo menargetkan akhir tahun 2019 sudah memiliki petugas tera bersertifikasi. Pasalnya dua tahun belakangan usai dilimpahkannya wewenang pengukuran dari provinsi ke daerah, DKUPP tidak memiliki petugas tera.

Apalagi, setelah penerimaan CPNS tahun ini, baru ada tiga pendaftar untuk jadi petugas tera. Dari tiga pendaftar hanya satu yang yang dipilih.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi Usaha Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo Subagyo mengatakan, sebelumnya pengukuran tera dilakukan Pemprov. Namun dua tahun belakangan, tugas tersebut dilimpahkan ke daerah. Sehingga daerah membuka formasi untuk petugas tersebut.

“Alhamdulillah pada tahun ini sudah ada yang mengisi formasi tersebut,” terangnya.

Kendati demikian, petugas tersebut masih harus mengikuti pelatihan serta rangkaian kegiatan untuk mendapatkan sertifikasi. Barulah bisa atau secara legal untuk melakukan pengkukuran. Pengkuran tera itu tak hanya untuk perusahaan saja, seperti SPBU. Namun juga pedagang seperti penjual buah dan lainnya baik yang berada di dalam pasar ataupun diluar pasar.

“Juni mendatang petugas tera tersebut akan mengikuti pelatihan di Bandung. Nantinya juga harus mengikuti beberapa seminar serta pelatihan lainnya guna untuk mendapatkan sertifikasi,” tandasnya.

Untuk memiliki sertifikasi prosesnya cukup panjang. “Kami menargetkan jika tidak akhir tahun, maka awal tahun 2020 sudah bersertifikasi,” pungkas Subagyo. (rpd/fun)