Perbaikan Jln K.H. Mansyur Pasuruan Dilakukan Tahun Ini dari DAK

PENUH LUBANG: Sejumlah pengendara melintas di Jalan K.H. Mansyur, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Jalan ini akan segera diperbaiki dan masih menunggu tahap lelang. (Mokhamad Zubaidilah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Perbaikan Jalan K.H. Mansyur, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, dipastikan akan direalisasikan tahun ini. Namun, pelaksanaannya masih menunggu proses lelang rampung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pasuruan M. Agus Fadjar mengatakan, perbaikan Jalan K.H. Mansyur akan digarap menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Anggaran itu telah diajukan pihaknya ke Kementerian PUPR RI.

Usulan itu diajukan karena melihat kerusakan Jalan K.H. Mansyur, yang semakin parah. Anggaran yang disediakan cukup besar, mencapai sekitar Rp 6 miliar. Anggaran ini tidak hanya untuk pengaspalan jalan. “Tapi, juga untuk rekondisi jalan dengan cara mengganti struktur lapisan aspal,” ujar Agus.

Belum lama ini, Agus mengaku, telah merampungkan penyusunan dokumen perencanaan. Saat ini, pihaknya masih menunggu proses lelang di Bagian Layanan Pengadaan (BLP). “DED (Detail Engineering Design)-nya sudah selesai digarap. Dan sudah kami ajukan ke BLP. Sekarang masih menunggu tahap lelang,” ujarnya.

Kerusakan jalan di kawasan ini memang cukup parah parah. Terutama mulai dari depan SMPN 8 Kota Pasuruan hingga depan SMKN 2 Kota Pasuruan. Menurut Agus, kondisi jalan di kawasan ini sering ambles. Sehingga, jalan di kawasan ini akan di-rigid.

“Untuk kawasan yang terparah akan di-rigid. Sekitar 300 atau 400 meter. Agar lebih tahan lama. Melihat kerusakannya parah dan kontur tanahnya kurang bagus,” jelasnya.

Perbaikan yang dilakukan tak hanya difokuskan pada jalan. Melainkan juga akan menyertakan perbaikan bahu jalan serta akan dilengkapi dengan drainase. Dengan demikian, kondisi saluran air akan lancar. Sehingga, tidak sampai meluap ke permukaan jalan. (tom/rud)