Ribuan Template Braille Hanya Disiapkan untuk Pilpres-DPD

BANGIL – Ribuan template braille bakal disiapkan KPU Kabupaten Pasuruan untuk pemilih tunanetra. Hanya saja, template braille tersebut, khusus untuk surat suara Pilpres dan DPD. Sementara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten Pasuruan, tidak ada template yang disediakan untuk tunanetra.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Zainul Faizin. Ia menyampaikan, KPU bakal menyiapkan template braille di setiap TPS. Untuk Kabupaten Pasuruan, ada sebanyak 8.742 template braille yang disiapkan. Di mana, sebanyak 4.371 template braille tersebut, untuk Pilpres. Sementara sisanya, untuk DPD.

“Di Kabupaten Pasuruan ada 4.371 TPS. Setiap TPS, akan disiapkan dua template braille. Yakni untuk pilpres dan DPD. Total ada 8.742 template braille yang akan disediakan KPU Kabupaten Pasuruan,” terangnya.

Meski begitu, bukan berarti tunanetra tidak bisa melakukan pencoblosan. KPU mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan skema khusus. Skema yang dimaksudkan, yakni ada pendamping khusus yang mendampingi pemilih tunanetra untuk melakukan pencoblosan.

“Bisa keluarga atau KPPS yang ditunjuk. Dengan syarat, mampu menunjukkan from C3 sebagai syarat pendampingan,” jelasnya. KPU menurut Faizin memberikan kesempatan pada keluarga pemilih yang menjadi penyandang tunanetra untuk berkonsultasi dengan KPPS setempat, agar semua pemilik hak suara bisa menyalurkan hak-hak konstitusinya tersebut. (one/rf)