Selesaikan Pembangunan Embung Welulang dengan Dana Rp 4 M

BANGIL – Penyelesaian pembangunan embung Welulang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan bakal direalisasikan tahun ini. Pemerintah menyiapkan dana sekitar Rp 4 miliar untuk merampungkan embung tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka. Menurutnya, embung Welulang memang belum rampung sepenuhnya. Pembangunan embung baru sekitar 60 persen yang dilakukan pada 2018.

Dana yang dihabiskan untuk pembangunannya sudah mencapai kisaran Rp 6 miliar pada tahap pertama. Sementara tahap kedua, akan direalisasikan dengan anggaran sekitar Rp 4 miliar. “Pembangunannya, akan direalisasikan oleh BBWS Brantas,” jelas dia.

Disampaikan Hanung, proses pembangunan yang akan dilakukan tahun ini, bukan hanya pengerukan. Tetapi juga pengecoran. “Selain pengerukan juga pengecoran. Yang jelas, pekerjaannya sampai embung tersebut, benar-benar bisa difungsikan,” sambung dia.

Ia menguraikan, pengurukan dan pengecoran memang dimulai tahun lalu. Namun, tidak menyeluruh. Penyelesaiannya, akan direalisasikan tahun ini. Hanya, pihaknya belum memastikan, kapan proyek lanjutan tersebut dimulai.

Pembangunan embung welulang, difungsikan untuk konservasi dan penyediaan air baku serta irigasi. Dengan pembangunan embung seluas 4 hektar tersebut, kekurangan air di wilayah Lumbang, diharapkan bisa teratasi. (one/hn)