303 CJH di Kab Pasuruan Belum Kumpulkan Paspor

PASURUAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan menargetkan semua paspor Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2019 sudah terkumpul pada akhir Februari lalu. Sampai Jumat (8/3) tercatat masih ada 303 CJH yang tak juga mengumpulkan paspor. Jika terlambat sampai 15 Maret mendatang, CJH bisa harus mengurus visa sendiri dan terpisah berangkatnya dari kloter awal.

Hal tersebut diungkapkan Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan. Imron mengatakan bahwa Kemenag Kabupaten Pasuruan memang menargetkan bahwa Februari akhir semua paspor sudah harus terkumpul di Kemenag.

“Tapi sayangnya, masih ada 303 CJH yang tak juga mengumpulkan paspor. Sehingga kami panggil lagi yang terakhir kalinya agar mereka segera mengumpulkan paspor ke Kemenag,” terangnya.

Kemenag sendiri sejatinya sudah mengimbau agar CJH segera mengurus paspor sejak akhir tahun 2018 lalu. Awalnya Kemenag juga sudah memberi batas waktu terkumpul pada akhir Januari lalu dan akhirnya mundur di bulan Februari. Sayangnya, sampai awal Maret ternyata masih saja ada yang belum mengumpulkan paspor.

Padahal dari penjadwalan, seharusnya 15 Maret, Kemenag sudah harus lengkap paspor per-kloter agar bisa melakukan pengurusan visa dan persiapan biometrik untuk visa. Sehingga jika lewat tanggal 15 maret, ada kemungkinan CJH yang terlambat ini harus mengurus sendiri visa ke Jakarta.

“Resikonya bisa mengurus visa sendiri ke Jakarta, termasuk nanti berangkatnya bisa terpisah dengan kloter. Sehingga harapan kami sebelum tanggal 15 Maret sudah harus masuk ke Kemenag,” terangnya. Dari data Kemenag tercatat jumlah CJH yang pasti berangkat dan mendapatkan kursi yaitu sebanyak 1.589 CJH. Sedangkan cadangan berjumlah 92.

Imron menambahkan, sejauh ini CJH tidak ada kendala dalam pengurusan paspor. Dugaannya dari 303 CJH ini sejatinya sudah mengurus paspor, hanya saja belum mengambil ke imigrasi. Termasuk mengambil hanya belum mengirimkannya ke Kemenag. Sehingga harapannya setelah dipanggil ulang, paspor bisa segera terkumpul dan tidak ada kendala dalam pengurusan visa yang saat ini harus diurus langsung per kloternya. (eka/fun)