Anggaran Sedikit, Tahun Ini Dishub Hanya Mampu Pasang 2 Titik CCTV

LECES – Keterbatasan kemampuan APBD membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten hanya mampu melakukan pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di 2 titik tahun ini. Dua titik itu rencananya akan ditempatkan di Exit Tol Paspro di Desa Clarak Kecamatan Leces dan pertigaan Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan.

Dua titik CCTV itu anggarannya juga terbilang kecil. Alokasinya hanya sekitar Rp 195 juta.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto saat dikonfirmasi mengatakan, rencana untuk memantau arus lalu lintas di Kabuapten Probolinggo, pihaknya akan melakukan pemsangan CCTV di sejumlah titik. Namun, karena keterbatasan anggaran, tahun ini baru di alokasikan sekitar Rp 195 juta untuk dua titik. Dimana masing-masing titik dipasang 3 (tiga) unit kamera CCTV.

”Rencana kami tiap tahun ada pemasangan CCTV di sejumlah titik. Sesuai kemampuan APBD yang siap dialokasikan. Tahun ini kami pasang di dua titik dulu,” katanya pada Jawa Pos radar Bromo, Jumat (8/3).

Heri menjelaskan, pemasangan alat CCTV sudah dilakukan beberapa pekan lalu. Namun, untuk penyambungan aliran listrik dan jaringan masih direncanakan Sabtu (9/3). Kedepan, hasil pemantauan dari CCTV ini bisa diakses oleh masyarakat melalui aplikasi Transinfo Probolinggo yang bisa diunduh lewat smartphone.

”Sistem kerja aplikasi ini akan memakai gelombang radio. Selain streaming CCTV, dari aplikasi ini masyarakat bisa melihat peta wisata, CCTV, kritik saran, sosmed dan peta traffic light. Tetapi, itu masih butuh proses dan tahapan ke depan,” terangnya.

Disinggung soal pertimbangan pemasangan CCTV di pertigaan Semampir Kraksaan dan exit tol Leces? Heri menjelaskan, kamera CCTV ini dipasang dengan tujuan untuk memantau kepadatan arus lalu lintas baik di Exit Tol Paspro di Kecamata Leces maupun pertigaan Semampir. Alasan pemilihan lokasi Exit Tol Paspro di Kecamatan Leces ini dikarenakan kepadatan arus lalu lintas ke depan akan semakin ramai. Begitu juga, di pertigaan Semampir yang masuk dalam kawasan tertib lalu lintas.

”Nantinya, ke depan juga akan dipasang running teks melalui tayangan videotrone. Sehingga, pemasangan CCTV ini untuk membantu ketertiban pengendara motor dan pengawasan semua kendaraan,” katanya.

Dengan dipasangnya CCTV di 2 titik Exit Tol Paspro di Kecamatan Leces dan pertigaan Semampir ini, terang Doddy, maka pihaknya sudah memasang CCTV di 4 titik. Sebelumnya CCTV dipasang di depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan sebanyak 3 kamera dan perempatan Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan sebanyak 4 CCTV. (mas/fun)