Bangun Enam TPS 3R, Kementerian Lingkungan Hidup Gelontor Rp 3 Miliar

BANGIL – Jumlah TPS 3R di Kabupaten Pasuruan bakal bertambah. Hal ini seiring dengan rencana pemerintah pusat, untuk mensupport pembangunan TPS 3R di Kabupaten Pasuruan.

Menurut Plt DLH Kabupaten Pasuruan, Indra Hernandi, sebanyak enam TPS berbasis reuse, reduce dan recycle (TPS 3R) bakal dibangun oleh Kementrian PU PR tahun ini. Keenam TPS 3R tersebut akan disebar di sejumlah daerah di Kabupaten Pasuruan.

Selain Puspo, Pohjentrek, Beji dan Purwosari, TPS 3R tersebut juga akan dibangun di Prigen. “Khusus untuk Prigen, rencananya akan dibangun di dua titik,” jelasnya.

Pembangunan TPS 3R itu, akan disokong oleh pemeritah pusat. Di mana, bentuk pembangunannya, berupa swakelola kepada masyarakat.

“Pemerintah pusat, menyiapkan dananya. Sementara pembangunannya, akan dilakukan secara swakelola masyarakat,” imbuhnya.

Dana yang digelontorkan, tidaklah sedikit. Karena mencapai sekitar Rp 3 miliar. Sebab, satu unit TPS 3R tersebut, dialokasikan hingga Rp 500 juta.

Penambahan TPS 3R ini diharapkan bisa mengatasi persoalan sampah di Kabupaten Pasuruan. Khususnya, sampah berskala rumah tangga, dengan konsep pengolahan, pemilahan dan pendaurulangan sampah.

Saat ini, jumlah TPS 3R sudah mencapai 40 unit. “Jika terealisasi, maka ada 46 TPS 3R di Kabupaten Pasuruan hingga akhir tahun 2019 ini,” pungkasnya. (one/fun)