Di Desa Ini Warga Akan Didenda Jika Buang Sampah Sembarangan

Pemdes Sidogiri, Kecamatan Kraton terus berupaya meningkatkan kebersihan lingkungan di desanya. Salah satunya dengan memberlakukan denda bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Aturan ini diberlakukan sejak akhir Februari lalu.

FAHRIZAL FIRMANI, Kraton

Sejumlah pria tampak berdiskusi di tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di Dusun/Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton. Tak lama kemudian, sebuah angkutan roda tiga yang membawa bak sampah milik warga datang.

Bak sampah itu lantas dibuka dan dijatuhkan di lokasi TPS sementara. Usai sampah terakhir dijatuhkan, ia kembali menjemput sampah ke kediaman warga. Pengangkutan ini terus dilakukan sampai empat kali dalam sehari.

Kades Sidogiri, Kodrad Abadikun mengungkapkan pihaknya berencana membangun insenerator tahun ini. usai pembangunannya rampung, sampah milik warga bakal dipilah. Sampah yang bisa diolah dan memiliki nilai ekonomis bakal dijual.

Sementara, sampah yang tidak bisa dipilah seperti daun kering dan sampah basah bakal dibakar dengan insinerator ini. Rencananya, pembangunan ini bakal dilakukan pada triwulan dua dan sudah bisa difungsikan tahun ini.

“Kalau dibakar biasa, nantinya bisa menyebabkan polusi. Nah, agar tidak terjadi polusi, maka pemdes bakal membangun insinrator ini. sebab asapnya tidak akan membumbung,” jelasnya.

Kodrad-sapaan akrabnya menjelaskan sebagai tahap awal pihaknya sudah melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang perdes penanganan sampah. Perdes ini sendiri sudah mulai dilaksanakan sejak 28 Februari lalu.

Dalam perdes ini diatur tentang pelarangan untuk membuang sampah sembarangan. Bagi warga yang ketahuan tetap membuang sampah sembarangan, pemdes bakal memberikan denda mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu.

Menurutnya, dalam sosialisasi tersebut, seluruh warga menyanggupi. Pemdes sendiri sudah menyiapkan dua tenaga pengawas. Satu pengawas ini untuk satu dusun. Sehingga, siapapun yang ketahuan melanggar bakal langsung didenda.

“Ini bukan tanpa alasan sebab masalah sampah cukup kritis. Masyarakat kerap membuang sampah di sungai. Nah mudahan dengan aturan ini, kebersihan Desa Sidogiri bisa terjaga,” pungkas Kodrad. (fun)