Disnaker Klaim Kasus Ketenagakerjaan Menurun

PANDAAN – Jika dibandingkan akhir tahun 2018 maupun awal tahun 2019, angka persmasalahan ketenagakerjaan diklaim menurun oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaaten Pasuruan. Ini lantaran, sejumlah permasalahan ketenagakerjaan, ada yang sudah diselesaikan.

Disnaker pun tak memungkiri bahwa permasalahan kletenagakerjaan, hampir setiap bulannya terjadi. Ini karena ada ribuan perusahaan yang terdapat di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Tidak dapat dipungkiri, potensi muncul dan terjadinya kasus ketenagakerjaan tetap ada di kabupaten ini. Karena jumlah perusahaannya banyak, dan dilapangan trendnya menurun lho sekarang,” cetus sekretaris Disnaker Kabupaten Pasuruan Agus Hernawan, saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon.

Agus merinci, saat akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019, ada 25 kasus ketenagakerjaan yang tersebar di perusahaan berbeda. Namun pada pekan keempat bulan ini, kasus ketenagakerjaannya menurun menjadi 17 kasus. Adapun lokasi perusahaan yang terdapat kasus ketenagakerjaan terdapat di Kecamatan Rembang, Beji, Kraton dan Prigen.

“Rata-rata mayoritas kasusnya terkait hak normatif. Untuk yang tersisa saat ini dalam proses mediasi. Sejauh ini belum tuntas dan masih berlangsung,” tukasnya.

Pada awal tahun ini, tepatnya Januari lalu, ada tujuh kasus ketenagakerjaan yang ditangani. Sekarang di pekan keempat bulan ini tersisa satu kasus saja. Tepatnya terdapat di salah satu perusahaan tekstil di Kecamatan Beji.

“Dari tujuh kasus ketenagakerjaan, enam diantaranya sudah selesai dan tinggal satu saja yang belum. Sejauh ini dalam proses pemeriksaan sekaligus pengawasan intensif dilapangan,” imbuh Pantja Oetomo, pengawas ketenagakerjaan Disnaker Pemprov Jatim. (zal/fun)