Pertahankan Akreditasi Puskesmas, Kab Pasuruan Dapat Tambahan Petugas

BANGIL – Upaya Pemkab Pasuruan untuk mewujudkan status akreditasi bagi semua puskesmas akhirnya terpenuhi. Sebanyak 33 puskesmas di Kabupaten Pasuruan dinyatakan telah terakreditasi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agung Basuki. Ia menyampaikan, seluruh puskesmas di Kabupaten Pasuruan sudah terakreditasi. “Hasil akreditasi itu muncul sejak akhir Desember kemarin,” tegasnya.

Memang, ada beberapa catatan yang masih perlu dibenahi. Tujuannya, tak lain untuk mendukung optimalisasi pelayanan puskesmas.

Catatan itu berkaitan dengan sarana dan prasarana, juga masalah SDM. “Untuk sarana dan prasarana, sudah kami benahi,” kata Agung.

Sementara untuk SDM, pihaknya mengaku bakal memperoleh tambahan tenaga kesehatan dari pemerintah. Ada sekitar 100 tenaga kesehatan tambahan untuk puskesmas.

Tenaga kesehatan itu diberikan karena sebelumnya memang ada kekurangan. Selain itu, juga karena ada tenaga kesehatan yang masa tugasnya berakhir.

“Kemungkinan bulan April ini kami mendapatkan tambahan tenaga. Ini, untuk mengatasi kekurangan SDM. Baik karena ada yang pensiun atau karena memang sebelumnya puskesmas tersebut kekurangan tenaga,” urainya.

Tenaga kesehatan itu berstatus ASN dengan posisi beragam. Mulai dari bidan, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Tentunya, penambahan ini diharapkan meningkatkan pelayanan di setiap puskesmas. Sehingga, akreditasi yang ada bisa terjaga,” pungkasnya. (one/fun)