Rampungkan Berkas 5 Tersangka Pemerkosa Siswa di Leces

KRAKSAAN – Polres Probolinggo akhirnya melimpahkan berkas kasus pemerkosaan siswi SMP asal Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo. Dengan begitu sebentar lagi kasus tersebut akan masuk dalam persidangan.

Pihak Kejari bahkan sudah siap melimpahkan perkara ini ke meja hijau. Namun kejaksaan masih menunggu penyerahan kelima pelaku dari pihak kepolisian.

Kasi Pidana Umum (Pidum) kejari setempat Ardhian Junaedi mengatakan, penyerahan berkas tersebut sudah diserahakan pada bulan lalu. Artinya, berkas tersebut telah dianggap sempurna dan akan segera dilimpahkan ke pengadilan. “Berksanya sudah P21,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, pihak kepolisian sendiri akan melimpahkan lima orang tersanga dalam kasus itu pada hari Rabu (12/3) mendatang. Itupun ika tidak ada kendala. Sehingga, proses lanjutan dari pada perkara ini segera berlanjut. “Semoga saja tidak akan ada kendala. Untuk pelakunya sudah lengkap ada lima orang,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Junaedi itu menjelaskan, setelah tersangka nanti dilimpahkan, pihaknya akan menitipkan kelima tersangka di rutan selama kurun waktu 20 hari. “Selama itu kami akan memeriksa berkas yang telah dilimpahkan itu dan tersangkanya,” bebernya.

Pihaknya sendiri telah menentukan kapan berkas itu akan dilimpahkan ke pengadilan. Jika tersangkanya itu jadi dilimpahkan kepada pihaknya pada Rabu mendatang maka, pihaknya akan melimpahakan berkas itu pada Senin depannya.

“Lima pelaku itu kami terima, berkas segera kami limpahkan ke PN. Jika sudah saya limpahkan ke pengedilan, maka itu sudah menjadi kewenangan pengadilan. Sehingga pengadilan sudah harus memutuskan jadwal sidang untuk perkara ini” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Melati yang berstatus pelajar asal Wonoasih, Kota Probolinggo, melapor ke unit PPA Polres Probolinggo. Pasalnya, pelajar kelas III itu menjadi korban perkosaan secara bergilir oleh lima pemuda di rumah kosong di Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Akibat perbuatan bejat para pelaku, Melati saat ini tengah hamil 6 bulan. Semua pelaku telah berhasil diamankan Satreskrim Polres Probolinggo. Mereka adalah adalah Asmari, 20 dan Faisor Akbar, 20, yang sama-sama asal Desa/Kecamatan Leces. Sedangkan dua pelaku lainnya yang telah diciduk Bahul Munir, 19 dan Slamet, 22, yang sama-sama asal Desa Kerpangan, Kecamatan Leces. Dan satu lagi yakni Muklas, 22. Ia merupakan warga Desa/ Kecamatan Leces. Ia sempat buron tetapi kemudian berhasil diamankan oleh polisi. (sid/fun)