Traffic Light di Taman Dayu Belum Bisa Difungsikan Normal Karena Hal Ini

PANDAAN – Meski hampir dua tahun dibangun, traffic light (TL) di penggal jalan akses menuju keluar-masuk di Taman Dayu, belum bisa berfungsi normal. Sejak dibangun 2017 silam, lampu lalu lintas yang menghubungkan dengan ruas jalan nasional jurusan Surabaya-Malang ini sehari-harinya hanya dinyalakan flashing.

Dilapangan untuk operasional normal, sejauh ini tidak bisa dipaksakan dan memang belum bisa. Salah satu pertimbangannya jaraknya berdekatan dengan TL simpang empat Karangjati, yang menjadi akses keluar dan masuk gerbang tol Gempan.

“TL nya untuk operasional normal di lapangan belum bias. Agar tetap bisa dimanfatkan, sejauh ini harus di flashing,” ucap KBO Satlantas Polres Pasuruan Iptu Misman.

Menurut Misman, jika dipaksakan operasional normal, tentunya malah akan menjadi macet di titik ruas jalan nasional. Baik dari arah Surabaya ke Malang dan sebaliknya. “Jadi flashing sudah cukup untuk saat ini,” katanya.

Untuk simpang empat akses masuk dan keluar Taman Dayu, pengaturannya bisa dilakukan secara manual meskipun tanpa harus TL operasional normal. “Apabila diruas jalan nasionalnya padat, pengaturan di penggal jalan akses masuk dan keluar Taman Dayu cukup dibantu satpam. Ataupun anggota lantas piket pos Taman Dayu,” cetusnya.

TL tersebut dibangun Taman Dayu. Kemudian di hibahkan dan selanjutnya dalam operasionalnya menjadi kewenangan Dishub Provinsi Jatim. (zal/fun)