Bakar Sampah, Api Malah Merembet ke Kandang Ayam di Sumbertaman

WONOASIH-  Ketenangan warga di RT 4/RW 2, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, berubah menjadi kegemparan, Sabtu (9/3) malam lalu. Ini setelah sebuah kandang ayam milik Kasiyem, 78, terbakar.

Memang, kerugian akibat kebakaran itu tak seberapa. Namun, api yang menjalar dengan cepat membuat warga sekitar panik. Sebab, lokasi itu merupakan permukiman padat penduduk.

Ahmadi, petugas Tagana Kota Probolinggo menjelaskan, pihaknya mendengar adanya kebakaran sekitar pukul 20.22. Tagana bersama anggota Damkar pun langsung menuju lokasi. Namun, saat tiba di lokasi, api sudah mengecil.

“Api sudah mulai padam. Api dipadamkan sendiri oleh warga sekitar,” terangnya.

Kendati demikian, kandang ayam milik Kasiyem hangus. Beruntung, tak ada ayam di dalamnya. Menurut Ahmadi, sebelum kebakaran, ada warga yang membakar sampah di sekitar lokasi kejadian. Setelah itu, api pembakaran sampah dipadamkan.

Namun, karena angin bertiup kencang, api muncul kembali. Selanjutnya, api yang mulai membesar itu menjilat kandang ayam milik Kasiyem. Lantaran kandang terbuat dari kayu yang mudah terbakar, api langsung meludeskan kandang tersebut.

Jilatan api pun cukup tinggi, bahkan sampai mengeluarkan kepulan asap hitam. Karena itu, warga pun panik. Bahkan, ada yang sempat langsung berteriak minta tolong. Warga pun berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Sambil menunggu petugas Damkar yang telah dihubungi.

“Kami datang api sudah mulai padam. Untuk kerugiannya tidak seberapa karena hanya kandang ayam. Dan kandangnya juga tidak terlalu besar. Namun memang sempat membuat panik warga,” pungkasnya. (rpd/fun)