Target PAD Pantai Bentar Bertambah, Naikkan Tiket Masuk

GENDING – Untuk memenuhi kenaikan target PAD dari Pantai Bentar, sejak akhir tahun lalu, Pemkab Probolinggo menaikkan retribusi tiket masuk wisata pantai Bentar. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Budaya (Dispora Parbud) Kabupaten pun menegaskan, kenaikan retribusi itu tidak mengurangi jumlah kunjungan.

Dengan begitu, Dispora Parbud optimistis tahun ini PAD dari pantai Bentar akan naik. Mengingat, retribusi tiket masuk naik dan jumlah kunjungan tetap ramai.

Kasi Destinasi Wisata Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo Musa saat dikonfirmasi mengatakan, jumlah kunjungan wisata pantai Bentar di hari biasa sekitar 100 – 200 pengunjung. Sementara saat hari libur atau weekend, bisa mencapai 400 – 500 pengunjung. Jumlah itu hampir sama dengan sebelum ada kenaikan tiket retribusi masuk.

”Jadi, kenaikan harga retribusi masuk tidak membuat jumlah kunjungan menurun. Setelah tiket naik menjadi Rp 7.500 dari Rp 5.000, jumlah pengunjung tiap hari stabil. Sekitar 100 sampai 200 pengunjung. Sedangkan hari libur sekitar 400 sampai 500 pengunjung,” terangnya.

Target PAD dari Pantai Bentar sendiri dikatakan Musa, pada APBD 2018, ditetapkan Rp 575 juta. Sedangkan pada APBD 2019, ditetapkan Rp 800 juta.

Dengan pengunjung yang tetap ramai dan naiknya retribusi tiket masuk, pihaknya optimistis bisa mencapai target PAD. ”Kondisi sekarang jumlah pengunjung tetap ramai, retribusi tiket masuk dinaikkan. Dengan begitu, PAD akan naik,” ungkapnya. (mas/hn)