Belasan Ribu Makam di Kota Pasuruan Tanpa Identitas, Terbanyak di Pemakaman Ini

PASURUAN – Upaya pendataan makam di sejumlah TPU yang dikelola Pemkot Pasuruan belum maksimal. Pasalnya, masih banyak makam yang tak bertuan. Angkanya bahkan menembus 36 persen dari keseluruhan data penghuni makam.

Kepala UPT Pemakaman Dinas Kawasan Permukiman dan Perumahan Rakyat Wisnu Bagya Winarsa membeberkan, data penghuni makam saat ini sebanyak 51.344. Angka itu didapat dari lima TPU yang kini dikelola Pemkot.

“Sementara makam yang memiliki identitas sebanyak 32.580. Yang tanpa identitas atau anonim saat ini sejumlah 18.764,” katanya.

Ia menjelaskan, makam-makam anonim itu tersebar di lima TPU yang ada. Akan tetapi, yang paling banyak berada di TPU Gadingrejo. Jumlahnya mencapai 13.931. Kemudian di TPU Bugul Kidul sebanyak 1.819, di TPU Purut 1 sebanyak 1.779, TPU Purut 2 sebanyak 935.

“Selain itu, juga di TPU Kristen. Masing-masing terdiri atas Makam Bong sebanyak 299 dan Makam Temenggungan sebanyak 12 makam anonim,” ujar Wisnu.

Ia mengaku selama ini telah bekerja optimal untuk mendata makam-makam yang belum teridentifikasi ahli warisnya tersebut. Pihaknya juga seringkali menggelar sosialisasi dengan melibatkan kelurahan setempat. Hal itu dilakukan agar ahli waris makam yang belum memiliki identitas dapat melapor.

“Memang masih banyak yang abai. Namun, dari tahun sebelumnya sudah ada beberapa yang melakukan registrasi. Kami harap masyarakat lain yang sebagai ahli waris dari makam anonim juga memiliki kesadaran serupa,” pungkasnya. (tom/fun)