Berencana Pindah, Kurangi Anggaran Pemeliharaan Kantor

TETAP DIPERHATIKAN: Kantor Pemkab Pasuruan di Jalan Hayam Wuruk, Kota Pasuruan, tahun ini hanya mendapatkan anggaran pemeliharaan Rp 100 juta. (Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

 PASURUAN– Rencana Pemkab Pasuruan memindahkan kantor sekretariatnya ke Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, memang belum jelas kapan akan direalisasikan. Namun, kini pemkab mulai mengurangi untuk tidak membangun tambahan sarana prasarana baru di kantor Jalan Hayam Wuruk, Kota Pasuruan ini. Adanya, hanya anggaran pemeliharaan Rp 100 juta.

Kepala Bagian Administrasi, Keuangan, dan Perlengkapan Pemkab Pasuruan Indra Hernandi didampingi stafnya Ria Indriyani mengatakan, tahun ini tidak ada pembangunan sarana prasarana baru di kantor pemkab. “Tahun ini sifatnya hanya pemeliharaan, tidak ada tambahan pembangunan baru karena semua sudah dimaksimalkan,” ujarnya.

Anggaran yang disediakan untuk kantor sekretariat Pemkab Pasuruan hanya Rp 100 juta. Dana pemeliharaan yang nilainya sama dengan tahun kemarin ini, biasanya digunakan untuk mengganti sarana prasarana yang rusak. Seperti, kamar mandi, lantai yang rusak, lampu, sket kantor, atap yang bocor, termasuk pengecatan rutin yang biasanya dilakukan setiap Agustus.

Indra mengatakan, pihaknya sengaja tidak menambah pembangunan sarana prasarana baru karena ada rencana perpindahan kantor ke Kecamatan Bangil. “Mungkin karena ada wacana itu, sehingga sifatnya hanya pemeliharaan. Setelah ini, kantor Pemkab juga ada rencana dipindah ke Bangil,” ujarnya.

Kegiatan pemeliharaan ini akan dilakukan pada triwulan pertama dan ke tiga. Karena kondisi gedung di Pemkab Pasuruan merupakan bangunan lama, banyak lantai yang biasanya retak atau menggelembung, sehingga harus diganti.

Diketahui, sejauh ini banyak organisasi perangkat daerah Pemkab Pasuruan yang berkantor di Jalan Hayam Wuruk, Kota Pasuruan. Selain kantor Bupati dan Wakil Bupati, ada juga kantor sekretaris daerah, asisten, dan asisten ahli. Serta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud); Kominfo; dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah serta kantor Baznas. (eka/rud)