Gaya Kade Devie, Eks Bintang FTV yang Kini Setia Temani Suami Bertugas sebagai Polisi

Kehidupan Ida Ayu Devie Noviana Watie Arnawa, berubah. Dulunya, ia merupakan bintang FTV yang kerap muncul di layar kaca. Namun, kini wajahnya nyaris tak terlihat lagi setelah dinikahi AKP Dewa Putu Prima yang tak lain perwira pejabat Kasatreskrim Polres Pasuruan.

GAYANYA masih modis. Mengenakan busana tunik warna hijau tua, berpadu dengan celana pensil warna putih, tampilannya bak anak muda.

Tidak ketara kalau ia sudah menjadi ibu rumah tangga. Bahkan, menjadi ibu dua anak kembar dari seorang perwira. Aura keartisannya pun masih bersinar. Meski ia sudah lama meninggalkan panggung hiburan.

Penampilan tersebut bakal berubah kalau Polres Pasuruan punya hajatan. Warna busana pink tentunya bakal dikenakannya. Seperti saat adanya pelantikan perwira di Mapolres Pasuruan beberapa waktu lalu.

Tampilan modis yang biasa melekat, bakal berubah dengan penampilan resmi, ibu Bhayangkari. Rambut disanggul, baju pink, dan rok panjang hingga di bawah lutut, bakal dikenakannya. Persis seperti ibu-ibu Bhayangkari kebanyakan.

Begitulah penampilan Ida Ayu Kade Devie Noviana Watie Arnawa. Kehidupan bintang FTV ini memang berubah 180 derajat. Perubahan itu semua terjadi setelah dirinya resmi menjadi istri seorang perwira polisi.

Kade Devie memang sudah menjadi istri dari perwira polisi yang bertugas di Mapolres Pasuruan. Suaminya adalah Katreskrim Polres Pasuruan AKP Dewa Putu Prima. Keduanya menikah 4 September 2015 silam.

Dari pernikahan itulah ia dikaruniai dua putra, kembar. Dewa Magha dan Dewa Degha. Keduanya kini berusia 10 bulan. Sejak pernikahannya itulah, ia rela menanggalkan dunia hiburan. Ia memilih untuk fokus mengabdi pada suami dan menjadi ibu yang sesungguhnya bagi anak-anaknya.

“Jarak jauh dengan suami kan juga gak enak. Tau sendiri kan, dinasnya suami berpindah-pindah. Kami menikah untuk memiliki keturunan. Jadi, vakum dulu (dari artis, Red), demi mengabdi kepada suami,” aku Kade Devie saat ditanya alasannya vakum dari keartisan.

Meski mengikuti suami, tak serta merta mereka tinggal serumah. Karena saat ini, Devie tinggal di Surabaya. Sementara suaminya, tinggal di salah satu perumahan yang ada di Beji.

Layaknya ibu rumah tangga kebanyakan, hari-harinya kini lebih banyak untuk mengurus si buah hati. Sangat berbeda dengan zaman ketika ia masih lajang. Banyak digunakannya untuk syuting dan tidur.

“Aktivitasnya sekarang, jelas jauh berbeda ya. Kalau dulu, di rumah itu dihabiskan untuk tidur. Maklum, jadwal syuting kan padat, sehingga kalau ada waktu, lebih digunakan untuk istirahat. Tapi, kalau sekarang di rumah lebih banyak digunakan untuk mengurus anak. Apalagi kembar, kebayang kan ribetnya,” ujarnya sembari berkelakar.

Perempuan kelahiran Bandung 7 November 1985 ini, mulai merintis dunia enterteinment sejak 2003. Dimulai ketika ia mengikuti pemilihan gadis sampul majalah remaja.

Hingga wajahnya pun sering nongol dan kerap menjadi cover majalah remaja. Dari situlah, mulai ada tawaran syuting sinetron dari production house, Multivision Plus.

Ia pun mulai membintangi sinetron dan FTV, seperti Senandung Masa Puber yang merupakan sinetron pertamanya. “Ada lebih dari 50 judul sinetron yang saya perankan. Selain sinetron saya juga sering menjadi bintang iklan bedak, handbody, dan lainnya,” kenang dia.

Di tengah kesuksesannya itu, jalinan cintanya ternyata muncul di luar syuting. Cinta mereka bertemu ketika ada saudaranya yang memperkenalkan dengan Dewa.

“Waktu itu, suami saya ikut sekolah bahasa di Jakarta. Kebetulan, lokasi sekolah bahasa dekat rumah. Ada saudara saya yang kemudian mengenalkannya kepada saya,” ceritanya.

Menurut Devie, Dewa memang mengincarnya waktu masih kuliah. Kebetulan, Dewa merupakan teman dari saudaranya. Sehingga, Dewa pun meminta agar dikenalkan dengan Devie.

Dari sekedar perkenalan, benih cinta antara keduanya bersemi. Devie pun mengaku, langsung tertarik dengan Dewa saat kali pertama bertemu. Ia pun tak menyangka bakal jatuh hati pada perwira polisi. Bahkan, hingga menjadi seorang Bhayangkari.

Padahal, dulunya ia sering bete (badmood total) dengan polisi. Gara-garanya, ia sering ditilang saat mengemudi. Terlebih, ketika itu dirinya sebenarnya sudah punya pacar. Namun, ia harus merelakan putus dan memilih untuk menjalin hubungan dengan Dewa.

“Nggak nyangka bisa jadi jodoh saya. Dulunya bete aja (dengan polisi, Red). Karena saya sering ditilang,” akunya disertai tawa.

PENAKLUK HATI: AKP Dewa Putu Prima (kiri) yang merupakan Kasatreskrim Polres Pasuruan dan suami Kade Devie. (Foto : Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Mereka pun menjalani cinta yang panjang. Hingga tahun 2015 kemudian, mereka dipersatukan dengan ikatan pernikahan. Resmi menjadi seorang istri, ia memilih vakum di dunia keartisan.

Meski dalam benaknya, ada keinginan untuk terjun lagi di dunia akting. Apalagi, tawaran demi tawaran untuk bermain sinetron lagi masih bermunculan. Fasilitas keartisan ditinggalkan. Bisa kerja sambil jalan-jalan Indonesia hingga luar negeri harus “dilupakan”.

“Banyak hal yang menyenangkan jadi artis. Syutingnya kan kemana-mana. Termasuk ke luar negeri. Jadi, bisa keluar negeri dibayari,” akunya.

Kendati begitu, menjadi ibu rumah tangga bukan sekadar pengabdian. Tetapi, juga pembelajaran. Walau banyak menyita waktu untuk mengurusi keluarga, tapi itu semua tetap disyukurinya. “Kalau disyukuri, semuanya akan menyenangkan,” sambungnya.

Tak lagi menjadi artis, tak serta merta membuat pamor Kade Devie pudar. Buktinya, setiap kegiatan kunjungan kerja dengan suaminya, banyak yang meminta foto dengannya.

“Banyak juga yang minta foto bareng. Ternyata, saya masih laku ya,” gelaknya menutup wawancara. (one/fun)