Hendak Direnovasi usai Terkena Bencana, 76 Siswa SMPN 3 Tiris Direlokasi

TIRIS – Sejumlah 76 siswa SMPN 3 Tiris, Kabupaten Probolinggo, besok akan direlokasi sementara ke SDN Andungsari 1 Tiris. Sebab, gedung SMPN 3 Tiris yang menjadi satu atap dengan SDN Andungbiru 1 Tiris, akan direnovasi. Perbaikan gedung pendidikan ini dialokasikan sekitar Rp 180 juta.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan, rencana relokasi puluhan siswa SMPN 3 Tiris hanya bersifat sementara. Selama proses renovasi gedung SMPN 3 Tiris.

“Beberapa ruang kelas SDN Andungbiru 1 berada di tepi Sungai Pekalen. Tapi, aktivitas belajar mengajar di ruang kelas SDN Andungbiru 1 tetap berjalan. Untuk sementara, siswa SMPN 3 Tiris berpindah ke SDN Andungsari 1 Tiris karena gedungnya akan direnovasi,” katanya, kemarin.

Dewi mengatakan, sekitar 76 siswa SMPN 3 Tiris akan menjalani akitivitas belajar mengajar di SDN Andungsari 1. Pihaknya sudah menyiapkan ruangan di sana. Sehingga, selama gedung sekolahnya direnovasi, kegiatan belajar mengajar tetap bisa berjalan.

BAKAL DIRENOVASI: Sekolah satu atap yang rencananya akan direhab. (Foto: Dinas Pendidikan for Jawa Pos Radar Bromo)

“Di SDN Andungsari 1 ada lima kelas yang kami sekat menjadi 10 ruang. Sehingga, 6 ruang kelas untuk siswa SDN Andungsari 1 dan 4 ruang lokal sisanya itu yang dipakai untuk SMPN 3 Tiris,” ujarnya.

Dewi mengatakan, anggaran sekitar Rp 180 juta itu akan digunakan untuk mengecor dak atau pelat beton tiga lokal SMPN 3 Tiris. Ini, sebagai langkap persiapan untuk dilantai dua. Namun, rencana pembangunan lokal lantai dua itu masih akan diusulkan dalam APBD 2020.

“Jika gedung SMPN 3 Tiris itu sudah dibangun dua lantai, siswanya akan kembali menempati lokal di lantai dua. Sedangkan lokal lantai dasar tetap ditempati siswa SDN Andungbiru 1,” ujarnya. (mas/fun)