Jaring Puluhan Pemabuk dan Muda-mudi yang Tengah Pacaran di Taman

PROBOLINGGO – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Probolinggo kembali menggelar razia pemuda pesta miras, Sabtu (9/3) malam. Hasilnya, sedikitnya ada 62 pemuda yang diamankan.

Semaunya diamankan di lokasi yang berbeda. Dari 67 pemuda di antaranya 58 pemuda pesta miras dan 4 pasang muda-mudi yang tengah pacaran di taman.

Kasi Ops Satpol PP Hendra Kusuma mengatakan, dengan adanya pertunjukan festival di Alun–alun Probolinggo, petugas memprediksi adanya pemuda yang pesta miras di wilayah kota setempat. Dugaan itu benar adanya, sebab saat razia di tempat pertama tempat penjualan miras di Kampung Keles, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, petugas berhasil mengamankan pemuda pesta miras serta menyita beberapa botol miras jenis arak.

Setelah dari lokasi tersebut , petugas bergeser ke JLU, tepatnya di sekitar Rusunawa Mayangan. Lokasi tersebut diduga sering dibuat pesta miras. Hasilnya petugas mendapat beberapa pemuda yang pesta miras.

Dari lokasi tersebut, petugas bergeser ke dua lokasi yakni Jalan Hayam Wuruk, tepatnya di depan kampung kesenian serta rel kereta api Babian. Hasilnya, di 2 tempat tersebut petugas mengamankan puluhan pemuda sedang pesta miras. Seluruh pemuda yang diamankan dikeler ke Mako Satpol PP.

Dari tempat tersebut petugas bergeser ke dua tempat selanjutnya yakni rel kereta api dan perempatan Banda. Di sana petugas juga mengamankan puluhan pemuda. “Untuk tiap lokasi rata-rata lebih dari 10 pemuda,” terang Hendra

Sebelum mengakhiri razia, petugas menuju Taman Maramis. Setelah disisir, petugas berhasil mengamankan 4 pasang muda-mudi yang sedang asik berpacaran di saat jam malam. Empat pasang tersebut terdiri atas 4 laki–laki dan 5 perempuan. Petugas langsung menggelandangnya ke Mako Satpol PP

Di markas, petugas langsung mendata para pemuda yang terjaring razia. Nah, saat pendataan, petugas mendapat laporan bahwa di Jalan KH Abdul Hamid terdapat pesta miras. Petugas pun langsung mendatangi lokasi tersebut. Di lokasi ini, petugas berhasil mengamankan puluhan botol miras.

Selain mengamankan puluhan orang, razia malam itu sedikitnya juga berhasil mengamankan total 24 botol miras jenis arak. Sebanyak 10 pemuda berasal dari Kota Probolinggo dan sisanya berasal dari kabupaten.

Saat razia, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin ikut memberikan pembinaan kepada para pemuda yang terjaring sebelum didata dan dipulangkan. “Razia akan terus dilakukan untuk memberikan ketertiban Kota Probolinggo. Diharapkan orang tua ikut peran. Mengingat peran orang tua sangat penting untuk mencegah anak mengonsumsi miras,” ujar Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. (rpd/fun)