Tiga Kios di Pasar Sumbertaman Dilalap Api, Kerugian Rp 10 Juta

 WONOASIH- Tiga kios di Pasar Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, terbakar, Senin dinihari (11/3). Tiga kios yang terbakar itu merupakan warung makan, bengkel motor, serta kios usaha foto kopian.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 01.00. Api terlihat kali pertama dari warung makan yang berada di antara bengkel dan kios foto kopian. Kondisi kios yang berdempetan, membuat api cepat menyebar ke dua kios lain di sebelahnya. “Api awalnya dari warung nasi. Terus merembet ke sebelahnya,” ujar Sadi, waker Pasar Sumbertaman.

Akibat kejadian ini, warung makanan paling parah. Atapnya sampai runtuh. Saat kejadian, Sadi mengaku sedang berkeliling di sekitar pasar. Melihat ada percikan api, dia mengaku langsung mengambil kunci sejumlah kios dan berusaha mengevakuasi barang-barang.

Warga sekitar yang mengetahui kejadian ini, juga ikut membantu proses evakuasi barang di dalam kios. Ada juga warga yang menghubungi petugas pemadam kebakaran. Tak lama kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Sekitar pukul 02.00, api berhasil dipadamkan.

Meski api berhasil dipadamkan, petugas pemadam tak langsung balik kanan. Mereka masih terus melakukan pendinginan terhadap puing-puing sisa kebakaran.

“Kebakaran ini menghanguskan tiga kios. Tapi, untuk sumber api darimana masih dalam penyelidikan,” ujar Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo Satiman.

Sedangkan, Kanit Reskrim Polsek Wonoasih Aiptu Yanto mengaku, masih menyelediki penyebab kebakaran ini. Menurutnya, adanya kebakaran ini sangat kecil kemungkinan disebabkan dari kompor. Sebab, sebelum kejadian tidak terdengar suara ledakan. “Kalau perkiraan kerugian, sekitar Rp 10 juta,” ujarnya. (put/rud)