Kembali Anggarkan Rp 650 Juta untuk Bebaskan Jalan TPA

BANGIL – Pemkab menggelontorkan dana hingga Rp 650 juta untuk jalur ke TPA Wonokerto. Dana tersebut disiapkan untuk membebaskan lahan milik warga.

Padahal, dana tersebut sudah diajukan tahun sebelumnya. Namun, kenyataannya gagal terserap. Buktinya, dana tersebut kembali dianggarkan pemkab.

Indra Hernandi, plt kepala DLH Kabupaten Pasuruan menyampaikan, dana tersebut disiapkan untuk membebaskan lahan sekitar 2.500 meter persegi. Lahan tersebut merupakan milik warga yang nantinya akan diambil alih Pemkab Pasuruan.

Tujuannya tak lain untuk mempermudah kendaraan pengangkut sampah ke TPA Wonokerto, Kecamatan Sukorejo. “Akses tersebut masih dimiliki warga. Untuk memperlancar kendaraan yang menuju ke TPA, kami rencanakan untuk melakukan pembebasan jalan setempat,” terang Indra.

Hanya memang, tak mudah untuk mewujudkannya. Karena membutuhkan pendekatan kepada warga.”Sekarang masih proses. Kami upayakan, bisa terlaksana tahun ini,” urainya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Rusdi Sutejo mendesak, agar DLH Kabupaten Pasuruan mampu untuk menyelesaikan pembebasan lahan tersebut. Karena lahan setempat sangat dibutuhkan untuk akses kendaraan sampah.

Terlebih lagi, penganggarannya tidak hanya sekali ini. Karena tahun sebelumnya, juga dianggarkan.

“Jangan sampai, dana tersebut kembali gagal terserap. Kami berharap DLH bisa menyelesaikan pembebasan lahan warga,” desaknya. (one/fun)