Ngantuk, Sopir Truk Tronton Seruduk Pikap Hingga Terguling di Jalan A Yani

GADINGREJO – Perjalanan pulang Rudi, 26, warga Desa Kabuaran, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang harus tertunda. Itu setelah pikap yang dikemudikannya diseruduk truk tronton Senin malam (11/3). Syukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 23.00. Malam itu, Rudi melaju dari barat ke timur dengan kecepatan sedang. Setibanya di perempatan Gadingrejo, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, ia berhenti karena lampu merah menyala.

Ia berhenti di lajur sebelah kanan. Saat itulah, tiba-tiba, kendaraan pikap yang dikemudikannya ditabrak dari belakang oleh truk tronton yang disopiri Samsul Arifin, 44, warga Kelurahan Pilang, Kecamtan Kademangan, Kota Probolinggo.

Akibatnya, pikap pun menabrak motor tidak diketahui di depannya dan pembatas jalan serta penerangan jalan umum (PJU) di tengah sehingga terguling ke kiri. Namun, tidak ada korban jiwa. Truk tronton dan pikap hanya mengalami kerugian materiil.

Bagian belakang pikap mengalami pesok akibat tabrakan ini, sementara body depan truk tronton mengalami baret. Kedua barang bukti (BB) berupa pikap dan truk tronton pun lantas dibawa ke tempat penyimpanan BB di Rejoso, Kabupaten Pasuruan.

Kanitlaka Satlantas Polresta Pasuruan, Iptu Ahmad Jayadi mengungkapkan dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan sejumlah saksi, penyebab kecelakaan ini adalah pengemudi truk tronton. “Pengemudi truk pun sudah mengakui jika dirinya bersalah. Katanya, ia mengantuk. Karena itu, kalau memang lelah dan mengantuk lebih baik istirahat dahulu agar tidak menyebabkan kecelakaan,” jelasnya. (riz/fun)