Pekan Ini Normalisasi Sungai Pekalen di Tiris Ditarget Rampung

TIRIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mendorong Pemprov Jatim untuk melakukan normalisasi sungai Pekalen, Kecamatan Tiris. Sejak bulan kemarin, Pemprov Jatim melalui Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jatim melakukan normalisasi sungai Pekalen di tiga titik. Bahkan, ditargetkan pekan ini normalisasi sudah rampung dikerjakan.

”Perbaikan darurat juga dilakukan pada saluran irigasi yang putus atau rusak agar tetap berfungsi untuk pertanian masyarakat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi pada Jawa Pos Radar Bromo, Senin (11/3)

Anggit menambahkan, penanganan kali Pekalen oleh Dinas PU SDA Provinsi bertujuan untuk mengamankan fasilitas umum dan permukiman dari banjir susulan. Dinas PU SDA Provinsi yang menurunkan dua alat berat untuk proses normalisasi itu juga berkerja cepat. Sehingga, saat ini proses normalisasi sudah tinggal satu titik dari tiga titik yang dikerjakan.

Proses normalisasi, dijelaskan Anggit, lokasi pertama di bagian dekat jembatan dan rumah penduduk sudah rampung normalisasinya. Lokasi ke dua, dekat Kantor Desa Andungbiru dan jembatan sedang dilaksanakan normalisasi dan pelurusan alur sungai. Kemudian, normalisasi lokasi ke tiga, dekat sekolah dilaksanakan nomalisasi dan pelurusan alur sungai mengembalikan alur sungai semula.

”Nantinya, kami bersama Dinas PU SDA Provinsi dan instansi terkait akan melakukan pemetaan zona bahaya banjir sungai Kali Pekalen. Diharapkan peta tersebut dapat digunakan oleh instansi yang berwenang untuk mendukung upaya mitigasi dan kesiapsiagaan pada risiko bencana banjir bandang,” ungkapnya. (mas/fun)