Prosesnya Lama, Lapas Pasuruan Belum Rencanakan Kenaikan Kelas

SEL KHUSUS: Ruang penjara bagi warga binaan lansia dan peyandang disabilitas di Lapas Pasuruan. Sejauh ini Lapas Pasuruan masih berstatus kelas IIB. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Saat ini lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasuruan memiliki kelas IIB. Lapas pun memastikan belum ada rencana kenaikan kelas dalam waktu dekat. Lapas memilih untuk memaksimalkan pelayanan pada warga binaan setempat.

Kasubbag Tata Usaha (TU) Lapas Pasuruan, Restu mengungkapkan pihaknya belum memiliki rencana untuk menaikkan kelas Lapas Pasuruan. Kenaikan kelas lapas sendiri merupakan kewenangan dari pusat melalui Kemenpan RB.

Ia lantas mencontohkan Lapas Banyuwangi dan Cabang Rutan Sumenep di Arjasa. Perubahan kelas ini sudah turun dari Kemenpan RB dan tinggal penerapannya saja. Namun, sampai saat ini belum juga terlaksana. Kondisi ini tidak terlepas dari kesiapan pusat.

“Kami memang ada keinginan untuk menaikkan kelas Lapas Pasuruan. Namun, sepertinya tidak dalam waktu dekat ini. Lapas Banyuwangi yang sudah disetujui saja belum terealisasi,” jelasnya.

Restu menjelaskan kenaikan kelas ini membutuhkan sejumlah pembenahan. Baik berupa penambahan fasilitas maupun keuangan. Kenaikan kelas ini bisa karena pengajuan dari lapas mapun keputusan dari pusat melalui Kemenpan RB.

Jika disetujui oleh pusat, maka lapas tersebut bakal mendapatkan kenaikan kelas. Karena itu, untuk sementara, pihaknya berupaya untuk terus memperbaiki layanan pada masyarakat maupun warga binaan setempat.

“Sementara belum ada pengajuan dari kami. Lapas hanya berupaya untuk memberikan yang terbaik pada warga binaan dan pihak keluarga,” pungkas Restu. (riz/fun)