Template Khusus Sementara Hanya untuk Pilpres dan DPD

PASURUAN – Setiap warga yang memiliki hak pilih diminta untuk tak menyia-nyiakan suaranya dalam Pemilu 2019 mendatang. Begitu pula dengan pemilih tuna netra. KPU akan memfasilitasi template surat suara yang dikhususkan untuk pemilih tuna netra.

“Ada 31 pemilih tuna netra yang masuk dalam DPT. Tersebar di empat kecamatan,” kata Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni, Senin (11/3).

Menurutnya, pemilih dari kalangan disabilitas memang memerlukan perlakuan khusus. Pemilih tuna netra dinilai memerlukan perlakuan khusus yang lebih dibandingkan dengan penyandang disabilitas lainnya

Karena itu, KPU juga memastikan akses TPS nantinya agar lebih ramah terhadap pemilih disabilitas. Terkait mekanisme pencoblosan bagi pemilih tuna netra juga sedikit berbeda dengan yang lain. Karena mereka membuuhkan panduan untuk menyalurkan hak pilihnya dalam bilik suara. “Nanti akan difasilitasi dengan template surat suara,” katanya.

Nantinya, surat suara akan diselipkan ke dalam template tersebut untuk kemudian dilakukan pencoblosan. “Dalam template itu juga terdapat kotak yang bisa dicoblos,” jelasnya.

Hanya saja, KPU menyediakan template surat suara Pilpres dan DPD saja. Sementara untuk tiga surat suara lainnya masih belum. Kata Fuad, hal itu masih bisa dicarikan solusi. Diantaranya dengan menggunakan pendamping pemilih.

“Pemilih dalam kondisi tertentu bisa didampingi orang lain, misalnya kerabat. Namun harus membuat surat pernyataan pendamping pemilih yang diketahui KPPS,” pungkasnya. (tom/fun)