11.444 Pelajar SMA/SMK di Probolinggo Bakal Ikut UNBK

MAYANGAN – Sebanyak 11.444 pelajar SMA/SMK se-Probolinggo akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 pada akhir Maret sampai awal April 2019. Pelaksanaan UNBK untuk SMK dilakukan pada 25-28 Maret 2019. Sedangkan untuk SMA dijadwalkan tanggal 1, 2, 4, dan 8 April 2019.

Saat ini pelajar kelas III SMA masih mengikuti tahapan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Sedangkan untuk SMK dijadwalkan akan berlangsung pada 13, 14, 15, dan 18 Maret 2019.

“Pelaksanaan USBN ini merupakan satu rangkaian dengan pelaksanaan penilaian kelulusan siswa. Nanti nilai USBN ini juga akan digabung dengan UNBK, selain juga ada unsur penilaian lain untuk penentuan kelulusan,” ujar Kresna Herlambang, kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kota/Kabupaten Probolinggo.

Selain dari nilai siswa, kelulusan juga ditentukan dari tingkat ketuntasan belajar serta moral siswa. Dalam USBN bidang studi yang diujikan merupakan bidang studi yang tidak diikutkan dalam UNBK.

Total ada 160 lembaga pendidikan tingkat SMA dan SMK se-Probolinggo yang akan melaksanakan UNBK. Baik negeri dan swasta. Dengan rincian 103 SMA/SMK menyelenggaran UNBK secara mandiri. Sedangkan 57 lembaga SMA/SMK se-Probolinggo akan melaksanakan UNBK dengan bergabung bersama lembaga lain.

“Peraturannya minimal satu ruang 20 siswa bisa melakukan UNBK mandiri. Meskipun sudah ada komputer lengkap, tapi pesertanya kurang dari 20, tidak bisa melakukan UNBK mandiri. Untuk efisiensi,” terangnya.

Bagi siswa yang sakit memiliki kesempatan untuk mengikuti UNBK susulan. Baik untuk SMK dan SMA sederajat memiliki jadwal yang sama yaitu 15-16 April 2019.

“Bagi siswa yang nilainya kurang saat UNBK untuk memenuhi persyaratan pendidikan pun bisa mengikuti UN perbaikan. UN Perbaikan dijadwalkan 27 sampai 30 Juli 2019,” jelasnya. (put/hn)