Pemkab Pasuruan Bakal Lelang 8 Jabatan Eselon II

BANGIL – Menjelang 6 bulan masa jabatan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, pemkab setempat mulai mempersiapkan lelang jabatan untuk mengisi 8 posisi kosong untuk eselon II. Saat ini, 7 posisi kepala dinas masih diisi pelaksana tugas (Plt) dan 2 staf ahli yang masih kosong.

Sekda Kabupaten Pasuruan Agus Sutiadji mengatakan, sejak Februari lalu pihaknya sudah menyiapkan tim untuk menjadi panitia seleksi (pansel) lelang jabatan. “Panitia seleksi ini juga melibatkan perguruan tinggi, tim pemkab, BKN, BKD, dan unsur lainnya,” terangnya.

Dalam proses lelang jabatan itu, nantinya akan banyak tahapan yang akan dilakukan. Ketika ditanya kapan kepastian pengumuman lelang jabatan ini, Agus –sapaan akrabnya – memperkirakan baru akan dilakukan bulan depan. Lelang jabatan akan diumumkan secara resmi agar semakin banyak yang mendaftar.

“Nanti ada pengumuman resminya. Sehingga, Pemkab Pasuruan terbuka memberikan kesempatan. Tidak hanya bagi orang Pasuruan, tapi juga se-Jawa Timur. Siapa yang mau ikut silakan,” terangnya.

Saat ini di Pemkab Pasuruan memang cukup banyak kekurangan pejabat eselon 2 lantaran banyak yang pensiun. Tujuh dinas yang sementara ini masih diisi Plt yaitu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), serta Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD).

Kemudian, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Satpol PP. Sedangkan 2 staf ahli yang dalam kondisi kosong, yaitu Staf Ahli bidang Pembangunan, serta Staf Ahli SDM dan Pemasyarakatan.

Agus mengatakan, banyaknya jabatan yang kosong di Kabupaten Pasuruan, selain karena banyak pejabat pensiun, juga terkait aturan kepala daerah yang dilarang melakukan memutasi serta mengangkat pejabat sebelum 6 bulan masa jabatan setelah dilantik. (eka/rf)