Truk Muat Buah Terguling di Tol Gempas

GRATI – Agenda Riyanto, 36, warga Kecamatan Pekalongan Selatan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengantarkan boks muatan buah ke Kota Surabaya sempat tertunda. Itu setelah Mitsubishi Colt Diesel nopol G 1486 LC yang dikemudikannya terguling di Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) Selasa pagi (13/3).

Peristiwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 09.27. Pagi itu, Riyanto bersama temannya, Nur Edi, 31, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan mengendarai Mitsubishi Colt Diesel warna hijau kuning dari arah Grati menuju Kota Surabaya. Ia melaju dengan kecepatan 60 kilometer perjam.

Setibanya di interchange Grati/B, Riyanto kehilangan konsentrasinya sehingga menyebabkan Mitsubishi Colt Diesel yang dikemudikannya hilang kendali dan terguling ke bahu jalan sebelah kiri. Sehingga, truk lantas berada di atas guardrail.

Usai kecelakaan, proses evakuasi sendiri cukup lama karena pengemudi sempat menunggu kendaraan untuk melanjutkan muatan yang harus diangkut.Kendaraan ini pun disimpan di gate tol Rembang. Akibat laka tunggal ini, PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP) mengalami kerusakan beam sebanyak tiga buah, blockpiece sebanyak enam buah, post sebanyak lima buah, reflector sebanyak satu buah dan rambu chevron sebanyak satu buah.

Humas PT Jasamarga Gempol Pasuruan, Rudi Purwanto membenarkan adanya kecelakaan tunggal di Tol Gempas wilayah Grati. Diduga, peristiwa ini terjadi karena pengemudi kehilangan konsentrasi. “Tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian materiil saja. Pengemudi bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pengganti,”pungkas Rudi. (riz/fun)