2.073 Surat Suara di Kabupaten Probolinggo Rusak

KRAKSAAN – Sebanyak 2.073 surat suara yang diterima oleh KPU Kabupaten Probolinggo rusak. Kerusakan itu ditemukan saat dilakukan pelipatan surat suara beberapa waktu lalu. Rencananya, surat suara yang rusak tersebut tidak dikembalikan, melainkan akan dimusnahkan derngan cara dibakar.

Pelipatan surat suara Pilpres, DPR-RI, DPD, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten di Kabupaten Probolinggo sendiri telah selesai, Sabtu (9/3). Selesainya pelipatan surat suara itu selesai target yaitu 15 hari.

Mokhamad Zubaidi, Ketua KPU menjelaskan, dari total keseluruhan surat suara yang diterima yakni 4.519.000. Karenanya, surat suara yang rusak itu sendiri dipisahkan dengan yang bagus dan layak untuk dibuat pemilu. Kerusakan yang ada di antaranya ukurannya tidak rata, ada yang sobek, dan ada yang bertinta.

Terkait pemusnahakn surat suara, pihaknya akan melengkapi dengan berita acara. “Untuk itu, nanti kami akan mengundang pihak keamanan meliputi TNI, Polri, dan Bawaslu. Selanjutnya akan dilakukan pembakaran secara bersama-sama,” jelasnya.

Sesuai dengan surat edara KPU tertanggal 12 Maret 2019, pihaknya diminta untuk menyerahkan berapa kebutuhan atau kekurangan. Sehingga, nanti tidak ada lagi kekurangan mengenai surat suara. “Hal itu akan kami serahkan setelah diadakan sortir pelipatan surat suara,” ungkapnya. (sid/rf)