Naik Bus Lalu Ambil HP Penumpang, Pencopet asal Malang Ini Ditangkap Penumpang

PURWOSARI – Aksi pencopetan penumpang bus, berhasil digagalkan. Pelakunya bahkan berhasil dibekuk dan kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Purwosari. Pelaku pencopet itu adalah Rendra Triwibowo, 39, warga Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Ia diamankan Selasa (12/3) sekitar pukul 20.00.

Korbannya ialah Vera Dwi Jayanti, 30, asal Desa Losari, Kecamatan Singgosari, Kabupaten Malang. Vera nyaris saja kehilangan handphone-nya saat berada di dalam bus P.O. Jaya Utama jurusan Surabaya–Malang.

“Aksinya tepergok saat bus melintas di Martopuro, Kecamatan Purwosari. Pelaku mengambil HP dalam tas korban. Namun korban spontan meneriaki pelaku. Seketika itu juga pelaku langsung diamankan penumpang lainnya. Hingga kemudian petugas polsek sedang patroli datang dan membawanya ke mapolsek,” ungkap Kanitreskrim Polsek Purwosari Aiptu Hariyanto.

Sebelum kejadian, korban saat itu pulang kerja dan naik bus dari Terminal Pandaan dengan tujuan Singosari, Malang. Posisinya berdiri berdesakan dengan para penumpang lainnya. Sementara pelaku juga naik bus dari Pandaan dan berencana turun di Purwosari. Menurut Hariyanto, pelaku memang menyasar penumpang bus, utamanya perempuan.

“Pengakuan pelaku saat di periksa penyidik baru sekali melakukannya. Dulunya pengamen, kini serabutan. Atas perbuatannya, pelaku kami jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara,” terangnya. (zal/fun)