Rencana Kenaikan Gaji ASN Mengambang, Pemkab Tanya Pusat

BANGIL – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) per April mendatang masih belum ada kejelasan di daerah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan masih menunggu Peraturan Pemerintah terkait edaran resmi dari pusat terkait kepastian kenaikan gaji ASN per April mendatang.

Agus Sutiadji, Sekda Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa Pemkab Pasuruan masih belum mendapatkan edaran resmi terkait kenaikan gaji ASN pada April mendatang. “Memang ada kepastian kenaikan gaji tahun ini, namun tetap kita tunggu pengumuman resmi bisanya lewat Peraturan Mentri Keuangan,” terangnya.

Namun kendati sudah diumumkan Joko Widodo akan dinaikkan pada bulan April mendatang. Namun dari Pemkab Pasuruan belum ada pengumuman resmi. Sehingga belum bisa memastikan bahwa April mendatang ada kenaikan gaji ASN.

Luly Noermadiono, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan menambahkan, bahwa sampai Selasa (12/3) di Kabupaten Pasuruan belum juga mendapatkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang kenaikan gaji ASN. “Memang ada info yang beredar bahwa PP akan diterbitkan dalam bulan maret ini, namun sampai hari ini dari Pemkab Pasuruan belum menerima,” terangnya.

Sedangkan jika PP terbit dan ada kepastian bakal ada kenaikan gaji ASN pada bulan April mendatang. Dari Pemkab Pasuruan sudah siap terkait anggarannya.

Sebelumnya, kenaikan gaji ASN sendiri sudah ditetapkan pada APBN tahun 2019 lalu. Ketetapannya ada kenaikan gaji ASN sebesar 5 persen. Hal ini menjadi angin segara bagi ASN lantaran sejak tahun 2016 lalu, ASN memang belum ada kenaikan gaji. (eka/rf)