Bangun Jaringan Air Bersih untuk Cakup Kebutuhan Warga di 3 Kelurahan Ini

ANTRE: Warga di kawasan Utara Kota Pasuruan membeli air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Agar pemenuhan air tercakup, tahun ini Dinas Perkim akan membangun tiga jaringan baru di tiga kelurahan. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Pemenuhan kebutuhan air minum untuk masyarakat Kota Pasuruan terus dilakukan. Bahkan juga diperluas untuk kawasan yang selama ini belum terjangkau. Salah satu jaringan pipa distribusi yang dibangun tahun ini akan mencakup tiga kelurahan.

Kasubag Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Pasuruan, Khoirul Anwar memaparkan, pihaknya memang terus menambah jaringan distribusi setiap tahunnya. Upaya itu ditempuh agar pelayanan air minum ke masyarakat lebih maksimal.

“Memang tujuan dari jaringan baru ini untuk menambah cakupan pelayanan kami ke pelanggan. Karena itu kami usulkan ke dinas untuk penambahan jaringan tahun ini,” terangnya.

Kabid Kawasan Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Budi Santoso menambahkan, saat ini pihaknya masih menyiapkan perencanaan pembangunan jaringan distribusi tersebut. Menurutnya, apabila perencanaan sudah rampung, Dinas Perkim akan mengajukannya ke tahap lelang.

“Perencanaannya kami susun dengan pihak PDAM. Karena yang menentukan kebutuhan di lapangan nanti juga pihak PDAM,” ungkapnya.

Lokasi pembangunan jaringan distribusi itu berpusat di Kelurahan Krapyakrejo, Kecamatan Gadingrejo. Dari titik utama itu, air bersih akan didistribusikan ke tiga kelurahan.

“Selain mencakup titik utama di Krapyakrejo, juga akan didistribusikan ke kawasan Bukir dan Randusari. Tidak menutup kemungkinan juga kawasan lain yang terdekat dari titik utama,” imbuhnya.

Budi menyebut, pekerjaan yang diusulkan sejak tahun lalu itu akan terealisasi dalam waktu dekat. Pembiayaannya akan dibebankan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Pasuruan 2019. “Anggaran yang dibutuhkan senilai Rp 1,5 miliar,” jelasnya. (tom/fun)