Bina Marga Nilai Perlu Review Ulang Desain JLS Bangil untuk Update

BANGIL – Sudah lama Pemkab Pasuruan berencana membangun Jalur Lingkar Selatan (JLS) Bangil. Namun, sejauh ini belum juga terealisasi. Bahkan, kini ada rencana me-review kelayakan desain yang sudah dibuat sejak sekitar 10 tahun lalu itu dengan kondisi terkini.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan Eko Bagus mengatakan, desain pembangunan JLS Bangil perlu di-review. Tujuannya, memastikan jalur yang akan digunakan dalam pembangunan JLS yang akan menghubungkan Blawi, Kecamatan Bangil hingga Yonkav Beji tersebut. “Apakah desain yang ada saat ini memungkinkan untuk dilakukan pembangunan JLS atau tidak. Makanya, perlu review desain itu,” ujarnya.

Eko mengatakan, desain yang ada saat ini dibuat sekitar 10 tahun lalu. Sedangkan, kondisi jalur yang ada sudah berbeda dengan kondisi saat ini. “Bisa jadi dulunya masih berupa tanah kosong, tapi sekarang muncul bangunan. Makanya, perlu adanya desain ulang,” ujarnya.

Menurutnya, adanya review desain itu diperlukan untuk mempermudah pembangunan JLS. Termasuk, apakah perlu jalur baru atau tidak. Khususnya, untuk jalur menuju jembatan penghubung antara Oro-oro Ombo Kulon dengan Kolursari. “Apakah perlu diubah atau seperti sebelumnya,” ujarnya.

Seperti pernah diberitakan, Pemkab Pasuruan berencana memecah kepadatan arus lalu lintas di jalur Kecamatan Bangil. Itu, berkaitan juga dengan penetapan Kecamatan Bangil sebagai pusat Pemeritahan Kabupaten Pasuruan.

Pembangunan JLS menjadi salah satu yang akan dilakukan. Jalur itu akan dibangun mulai Yonkav Beji menuju Kecamatan Rembang hingga tembus ke Blawi, Desa Masangan, Kecamatan Bangil. Sejauh ini, jalan mulai Blawi hingga Desa Oro-oro Ombo Kulon, Kecamatan Rembang, sudah diperbaiki.

Namun, jalan dari Desa Oro-oro Ombo Kulon menuju Desa Kolursari dan Desa Sidowayah, Kecamatan Bangil, belum. Termasuk, jembatan penghubung antara Desa Oro-oro Ombo Kulon dengan Desa Kolursari, Kecamatan Bangil, juga perlu diperbaiki. Sejauh ini, pembangunan JLS ini belum jelas kapan akan digarap. (one/rud/fun)