Dari 365 Desa dan Kelurahan di Kab Pasuruan, Baru 78 yang Punya Bank Sampah

BANGIL – Jumlah bank sampah di Kabupaten Pasuruan masih jauh dibanding jumlah desa dan kelurahan yang mencapai 365. Dari ratusan desa dan kelurahan itu, sejauh ini baru 78 yang memiliki bank sampah. Masih ada 287 desa dan kelurahan yang belum memiliki. Targetnya, setiap desa dan kelurahan memiliki bank sampah.

Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi mengaku, terus berupaya menumbuhkan jumlah bank sampah. Pihaknya juga mengerahkan tim fasilitator untuk mendorong berdirinya bank sampah baru. “Target kami di setiap desa dan kelurahan memiliki bank sampah,” ujarnya.

Menurutnya, upaya ini memang tak mudah. Karena dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah di lingkungannya. Selain sosialisasi, support sarana prasarana juga dilakukan.

Tahun ini, Indra mengatakan, Pemkab Pasuruan akan mendapatkan sarana dan prasana bank sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Seperti, peralatan pengangkutan sampah. “Ada support dari KLH untuk pendirian satu bank sampah tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini jumlah bank sampah di Kabupaten Pasuruan mencapai 135 unit. Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Pusat, akan membuat jumlah bank sampah makin banyak. Pihaknya menargetkan, tahun ini bisa muncul 68 bank sampah baru.

“Bank sampah sangat penting dalam mengatasi timbunan sampah. Khususnya sampah rumah tangga. Selain bisa mengurangi sampah yang akan dibawa ke TPA, juga mendorong ekonomi masyarakat,” ujarnya. (one/rud/fun)