Jalan Rusak di Bucor Kulon Ganggu Aktivitas Warga, Seperti Ini Kondisinya

PAKUNIRAN – Warga Desa Bucor Kulon, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo mengeluhkan kondisi jalan di desanya yang rusak. Sebab, jalan penghubung antar desa di daerah tersebut kondisinya rusak parah. Alhasil, masyarakat harus ekstra berhati hati jika lewat jalan itu.

Jalan yang dikeluhkan warga itu adalah penghubung 3 desa, yaitu Desa Bucor Kulon, Bucor Wetan, dan Alaspandan. Warga pun berharap perbaikan dilakukan segera. Sebab akses kegiatan ekonomi warga ikut terganggu akan kerusakan itu

Hanapi, salah satu warga sekitar mengatakan, jalan yang rusak itu menurutnya kira kira sepanjang seribu lima ratus meter. Pria yang masih merupakan salah satu ketua RT di desa itu mengungkapkan, setiap ada musawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes) selalu mengusulkan untuk dilakukan perbaikan. Namun, tidak disetujui.

“Alasannya karena jalan itu bukan jalan desa. Oleh karena itu, tidak diperbaiki,” tandasnya.

Padahal, saat hujan deras melanda daerah itu, membuat jalan sulit dilewati. Sebab, jalan itu menjadi berlumpur dan tergenang air. Sehingga, membahayakan bagi warga.

“Dulunya jalan aspal. Tetapi sekarang sudah mengelupas dan banyak lubang. Lubangnya pun bervariasi ada yang dalam dan yang dangkal,” terangnya.

Kepala Desa Bucor Kulon Botot Darso menjelaskan, menegaskan bahwa jalan itu bukanlah jalan desa. Karenanya hingga sekarang pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan. “Kami pernah mengajukan lewat dana desa, tetapi ditolak. Kalau jalan desa ya sudah kami pastikan dibangun,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR setempat, Prijono mengatakan berbeda. Menurutnya, pihaknya sudah mensurvey jalan yang menjadi keluhan itu. Tetapi, dari hasil survey itu didapati bahwa jalan itu bukan jalan Kabupaten. Tetapi, itu adalah jalan desa.

“Untuk di Bucor Kulon itu adalah jalan desa,” katanya saat dikonfirmasi. (sid/fun)