Kepulan Asap Bromo Kian Pekat, Sempat Turun Hujan Abu

SUKAPURA – Kawah Bromo melontarkan asap dan abu vulkanik dengan kecepatan ketinggian mencapai sekitar 700 meter, Kamis (14/3). Bahkan, sempat terjadi hujan abu di sejumlah desa di Kecamatan Sukapura. Lihat videonya disini.

Hendra Gunawan, kabid Mitigasi PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), mengatakan, aktivitas Gunung Bromo hampir sama dengan hari-hari sebelumnya. Asap abu vulkanik yang dikeluarkan dari kawah Bromo, dipengaruhi angin yang bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, dan barat daya.

“Asap yang dikeluarkan dari kawah Bromo sempat asap pekat, tapi tidak tebal. Itu juga tidak berlangsung lama,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo. Disinggung soal hujan abu di sekitar Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Bromo? Hendra tidak menampiknya. Sempat tercium bau belerang ringan dan hujan abu disekitar PPGA.

Hanya saja, hujan abu itu terjadi dengan intensitas rendah dan abu tipis. Kebetulan, arah angin ke timur, jadi hujan abu tipis terjadi di sekitar PPGA Bromo. “Sempat turun hujan abu di sekitar PPGA, tapi tipis. Sama dengan hari-hari sebelumnya, hanya saja arah angin ke timur,” terangnya.

Meski demikian, ditegaskan Hendra, status Gunung Bromo tetap sama waspada di level II. Tidak ada peningkatan aktivitas yang signifikan. Sehingga, tetap aman dikunjungi oleh wisatawan. “Tremor tetap sama menerus (microtremor), terekam dengan amplitudo 0.5-5 milimeter yang dominan 1 milimeter,” terangnya.

Sementara itu, Camat Sukapura Yulius Christian mengatakan, sebenarnya hujan abu tipis itu sama dengan yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Hanya saja, angin yang mengarah ke timur, membuat abu vulkanik sampai ke wilayah Sukapura.

“Semua tergantung arah angin. Abu vulkanik itu tipis, kebetulan sekarang arah anginnya ke timur,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Pria yang akrab disapa Yulius itu menjelaskan, sempat terjadi gerimis sejak pagi hingga siang. Karena arah angin ke timur, saat turun gerimis, abu vulkanik terbawa arah angin ke wilayah Sukapura.

Di sejumlah desa seperti Ngadisari, Wonotoro, Ngadirejo, dan Sapikerep alami gerimis disertai abu tipis. Namun, itu terjadi saat pagi hingga siang. “Kondisi hanya abu tipis, tidak mengganggu aktivitas warga dan wisatawan. Wisata Gunung Bromo juga tampak ramai dengan pengunjung,” terangnya. (mas/rf)